Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 12:40 WIB

TRAVEL NEWS

Hore! Bandara Halim Perdanakusuma Buka Kembali Bulan September

Ilyas Fadhillah
detikTravel
Petugas membersihkan lantai Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Rabu (26/1/2022). Kementerian Perhubungan menutup sementara Bandara Halim Perdanakusuma mulai hari ini selama 3,5 bulan dalam rangka revitalisasi sesuai Perpres nomor 9 tahun 2022 guna meningkatkan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Bandara Halim Perdanakusuma (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma ditutup beberapa waktu lalu untuk revitalisasi. Sudah dapat bocoran, kalau bandara ini akan kembali layani penerbangan komersial.

Bandara Halim Perdanakusuma kembali melayani penerbangan komersial mulai September 2022. Informasi ini dikonfirmasi langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi setelah melakukan uji coba runaway di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Kita yakin dengan adanya improvement ini, kita akan gunakan fasilitas lanud Halim Perdanakusuma, baik untuk military maupun komersial. Tetapi komersial kita tunggu sampai September," jelas Budi di depan wartawan, Selasa (12/7/2022).

Budi mengatakan, di Bandara Halim Perdanakusuma sedang dikerjakan bangunan VVIP untuk menyambut tamu negara. Bangunan ini berlokasi di bagian timur landasan Bandara Halim.

Proses pembangunan akan selesai pada awal September, yang akan diresmikan bersamaan dengan pembukaan layanan komersial di Bandara Halim Perdanakusuma. Rencananya, terminal tersebut akan digunakan untuk menyambut kedatangan internasional tamu-tamu negara.

"Itu akan selesai pada awal September. Oleh karenanya, komersial akan kita lakukan bersamaan dengan peresmian terminal yang ada di timur bandara ini," sambungnya.

Budi Karya Sumadi melakukan uji coba runaway di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa (12/7/2022). Budi yang tiba di Halim jam 7 langsung naik ke pesawat capung PK-CAP Beech B300 King Air 350i.

Pada kesempatan yang sama, Budi mengatakan jika Bandara Halim Perdanakusuma mulai dibuka kembali hari Rabu, 13 Juli 2022. Namun, pembukaan bandara Halim Perdanakusuma masih terbatas untuk kebutuhan militer.

"Kita putuskan ini sudah bisa digunakan. Mulai besok kita akan gunakan untuk military. TNI AU akan me-manage ini selama masa 2 bulan," ujar Budi.

Sebelumnya, Bandara Halim Perdana kusuma ditutup sejak akhir Januari 2022. Penutupan ini berkaitan dengan revitalisasi, mulai dari sisi runaway serta pemugaran terminal VIP.



Simak Video "Bandara Halim Tutup Sementara, Penerbangan Dipindah Ke 5 Bandara Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA