Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Banyak Turis Banyak Sampah, Dilema Baru Setelah Pandemi

bonauli
detikTravel
ilustrasi pantai
Ilustrasi pantai (thinkstock)
Normandia -

Prancis punya banyak wisata alam yang populer di liburan musim panas ini. Saking populernya, tempat wisata ini bukan cuma kelebihan turis tapi sampahnya juga.

Dilansir dari France24, tempat-tempat wisata di Normandia sedang membatasi akses masuk untuk pengunjung, salah satunya Taman Nasional Calanques Marseille. Seorang aktivis dari asosiasi tretat Demain, Shaï-Hannah Mallet-Bitton berkata bahwa setiap tahunnya, sampah di sana makin banyak di sana.

"Setiap tahun semakin buruk dan degradasi terjadi semakin cepat, contohnya" ucapnya.

Tempat sampah yang sudah disediakan tidak lagi bisa menampung sampah, jalur pendakian berlubang karena banyaknya lalu lintas pejalan kaki, tanah longsor dan hilangnya 400 kg kerikil akibat erosi.

"Setelah setiap long weekend, setelah semua turis pergi, kota ini sangat kotor. Ketika Anda mengunjungi tebing, Anda melihat kertas, masker dan puntung rokok di mana-mana," tambahnya.

Menurutnya, pariwisata butuh keseimbangan. Karena pariwisata massal tidak memuaskan siapa pun.

Taman Nasional Calanques Marseille sekarang membatasi jumlah orang yang dapat mengunjungi calanques Sugiton dan Pierres Tombées menjadi 400 orang per hari. Kedua situs telah dibuat lebih rapuh karena erosi tanah dari lalu lintas pejalan kaki beberapa ribu pengunjung musim panas sebelumnya.

Sejak awal pandemi, orang-orang Prancis sudah mulai mengesampingkan liburan ke luar negeri. Mereka mencoba untuk berpetualang ke alam liar dan menjadikannya hidden gem. Tapi sayang, banyak tempat alami yang tidak siap menampung banyak orang.

Fenomena tren Instagram menjadi salah satu faktornya. Shai-Hanah berpendapat bahwa situs yang diperkenalkan oleh pengguna Instagram lebih cepat kedatangan turis massal.

"Saat UNESCO mendaftarkan sebuah situs ada periode beberapa tahun untuk siap-siap. Tapi jika hari ini seorang influencer memposting foti di jalur terpencir, dalam beberapa hari saja situs itu akan dikunjungi ratusan orang," jelasnya.



Simak Video "Prancis Dilanda Gelombang Panas, Suhu Capai 40 Derajat Celcius"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA