Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Untuk Pertama Kalinya, NASA Rilis Foto Ruang Angkasa yang Detail Banget

Syanti Mustika
detikTravel
Hasil tangkapan James Webb Space Telescope
Carina Nebula (dok NASA)
Jakarta -

NASA merilis foto pertama ruang angkasa yang sangat detail untuk pertama kalinya. Percayalah, kamu akan takjub begitu melihat dunia luar sana!

Dalam websitenya, NASA membagikan hasil proyek pertama yang diambil oleh James Webb Space Telescope. Ini adalah proyek senilai USD 5 miliar yang dibuat selama lebih dari dua dekade dan hasilnya menakjubkan.

Dilansir dari Travel+Leasure, Rabu (13/7/2022) dalam akun Twitternya, Presiden Biden membagikan gambar inframerah terdalam dari ruang angkasa yang pernah diambil. Ini menggambarkan gugusan galaksi SMACS 0723, yang terletak 4,6 miliar tahun cahaya, di belakangnya menunjukkan puluhan galaksi kuno yang berjarak lebih dari 13 miliar tahun cahaya.

"Irisan alam semesta yang luas ini menutupi sepetak langit kira-kira seukuran sebutir pasir yang dipegang sejauh lengan oleh seseorang di tanah," tulis NASA dalam siaran pers.

Hasil tangkapan James Webb Space TelescopeSouthern Ring Nebula Foto: (dok NASA)

NASA pada hari Senin merilis 4 gambar. Satu gambar menunjukkan grafik komposisi atmosfer planet ekstrasurya WASP-96 b, diambil oleh spektrograf Webb yang menunjukkan keberadaan air. Dan tiga lainnya semua gambar langsung luar angkasa.

Gambar selanjutnya menunjukkan Nebula Cincin Selatan, di mana planet-planet lahir di awan debu dan gas yang dipancarkan dari bintang-bintang sekarat. Jaraknya sekitar 2.500 tahun cahaya.

Gambar yang lain menangkap sekelompok galaksi bertabrakan yang disebut Stephan's Quintet (seperti yang dirujuk dalam film It's a Wonderful Life). Gugusan gemerlap dari jutaan bintang muda dan daerah ledakan bintang dari kelahiran bintang baru menghiasi gambar. Sapuan ekor gas, debu, dan bintang ditarik dari beberapa galaksi karena interaksi gravitasi. Yang paling dramatis, Webb menangkap gelombang kejut besar saat salah satu galaksi, NGC 7318B yang menghancurkan gugusan tersebut.

Sedangkan foto terakhir menangkap Carina Nebula , awan debu dan gas tempat lahirnya bintang dengan sangat detail sehingga gambarnya hampir terlihat tiga dimensi. Disebut Tebing Kosmik yang tampak seperti pegunungan terjal pada malam hari yang diterangi cahaya bulan. Padahal kenyataannya, itu adalah tepi rongga gas raksasa di dalam NGC 3324, dan puncak tertinggi dalam gambar ini tingginya sekitar 7 tahun cahaya.



Tentang James Webb Space Telescope

NASA menuturkan bahwa Webb adalah teleskop terbesar dan terkuat yang pernah mereka rancang untuk mengamati benda-benda langit terdekat hingga terjauh alam seemsta dengan kamera inframerah resolusi tinggi. Webb pertama kali mulai dikembangkan tahun 19966 dan baru diluncurkan pada Natal 2021.

Setelah diluncurkan, Webb pun berkeliling luar angkasa selama 1 bulan, tepatnya di sebuah titik yang disebut L2. Titik ini letaknya hampir 1 juta mil dari Bumi,

Semenjak itu, Webb telah difungsikan untuk mengkaliberasi ruang pencitraan dalam tingkat detail yang belum pernah dicapai NASA sebelumnya. Dengan dirilisnya 4 foto luang angkasa sebagai pertanda mulai diperdalamnya tentang kosmos.

Hasil tangkapan James Webb Space TelescopeGugusan galaksi SMACS 0723 Foto: (dok NASA)

Para ilmuwan di dunia akan memiliki kesempatan menggunakan Webb untuk penelitian mereka. Teleskop canggih ini mampu menangkap gambar beberapa bagian tertua dari alam semesta, bintang, dan galaksi kita yang berusia sekitar 13,5 miliar tahun. Juga mengintip ke dalam awan debu misterius yang berfungsi sebagai tempat kelahiran bintang.

Semakin besar kesempatan kita melihat planet-planet di tata surya dan exoplanet di luarnya hingga menentukan komposisinya dan mencari blok bangunan kehidupan.

Apakah traveler siap menjelajah kehidupan luar angkasa? Penasaran kan?



Simak Video "NASA Sebut Jupiter Bisa Jadi Bintang Jika Ukurannya 80 Kali Lebih Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA