Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Mar 2022 12:14 WIB

TRAVEL NEWS

Lelang Foto Astronot di Bulan, Ada yang Laku Rp 188 Juta

Putu Intan
detikTravel
Pendaratan manusia pertama di bulan nasa
Foto: NASA
Copenhagen -

Serangkaian foto asli dari misi pendaratan di bulan dilelang pada Rabu (9/3/2022). Ada foto Buzz Aldrin yang laku sekitar Rp 110 juta sampai termahal Rp 188 juta.

Lelang foto-foto misi Apollo 8-17 itu diselenggarakan di Kopenhagen, Denmark. Ada 74 foto yang dijual dan hasil penjualannya mencapai 1,16 Krona Denmark (lebih dari Rp 2,4 miliar).

Dilansir dari Reuters, salah satu foto terkenal yang juga ikut dilelang adalah astronot Buzz Aldrin yang berjalan di bulan. Foto Buzz Aldrin ini diambil oleh Neil Armstrong ketika mereka menjalankan misi pada Juli 1969.

Pada foto itu terlihat Buzz Aldrin mengenakan setelan astronot lengkap. Selain itu, kita juga dapat melihat sosok Neil Armstrong sekilas melalui pantulan kaca helm Aldrin.

Foto ini juga pernah menjadi sampul majalah National Geographic and Life pada 1969. Untuk lelang kali ini, fotonya terjual seharga 52.000 Krona Denmark atau lebih dari Rp 110 juta.

Selain foto Buzz Aldrin, foto lain yang terjual dengan harga tinggi adalah foto bumi yang berwarna yang pertama kali disaksikan manusia saat misi Apollo 8 pada tahun 1968. Foto ini paling mahal, sanggup terjual seharga 88.400 Krona Denmark atau sekitar Rp 188 juta.

Foto-foto asli NASA kuno ini diterbitkan dalam jumlah terbatas untuk studi ilmiah dan publikasi di majalah internasional.

"Apa yang membuat koleksi ini unik adalah ukuran koleksi dan fakta bahwa Anda tidak melihat ini di pasar seni global setiap hari," kata direktur penjualan dan penilaian Bruun Rasmussen, Kasper Nielsen.

Rumah lelang yang menjual foto-foto ini mengatakan penjualnya adalah orang asing yang memiliki hubungan dengan Denmark. Namun mereka enggan mengungkapkan identitas penjual dan pembelinya.



Simak Video "Roket NASA Diluncurkan dari Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA