Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 16 Jul 2022 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Malam Ini, Uji Coba Car Free Night Borobudur Dimulai

Eko Susanto
detikTravel
Flyer Car Free Night Borobudur, Sabtu (16/7/2022).
Flayer Car Free Night Borobudur (Dok. Satlantas Polres Magelang)
Magelang -

Car Free Night Borobudur mulai diuji coba nanti malam, Sabtu. Uji coba ini akan berlangsung sampai September mendatang. Car Free Night Borobudur diharapkan menjadi salah satu ikon wisata di Borobudur. Berikut ini rutenya.

Car Free Night Borobudur ini akan dimulai dari jalan depan tulisan Candi Borobudur atau dikenal sepanjang jalan Bu Sum. Lalu ke timur, terus belok kiri, tepatnya di Jalan Medang Kamulan mulai dari depan Pos Polisi Pariwisata (Pol Par) sampai Pos 5 (pintu menuju Candi Borobudur).

Camat Borobudur Subiyanto mengatakan pembangunan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Borobudur, termasuk pemasangan lampu-lampu, menjadi daya tarik bagi pengunjung. Kini, aktivitas di Borobudur pada malam hari mulai menggeliat.

"Harapan kita meramaikan kehidupan malam di Borobudur, karena selama ini kehidupan malam di Borobudur masih minim. Sekarang sudah mulai menggeliat. Keramaian tidak tertata, artinya mereka datang terus ramai, tapi tidak bisa dinikmati dan tidak bisa dibranding," kata Subiyanto saat dihubungi, Sabtu (16/7/2022).

Untuk itu, Subiyanto berujar, mulai dilakukan penataan agar mempunyai daya tarik lebih dan bisa menjadi ikon baru di Borobudur.

"Uji coba mulai malam ini sampai September. Saat Desa Borobudur melaksanakan Saparan, Merti Dusun, perkiraan di bulan September sudah kita launching Car Free Night Borobudur," ujarnya.

Dengan Car Free Night Borobudur ini, pengunjung ke depannya tidak boleh parkir di bahu jalan. Rencananya, semua kendaraan pengunjung diparkir di kantong-kantong parkir.

Dihubungi terpisah, Kasat Lantas Polres Magelang AKP Satrio Bagus Wira Wicaksono mengatakan dengan adanya Car Free Night Borobudur akan mulai dilakukan penutupan arus lalu lintas mulai pukul 16.00 sampai 23.00 WIB.

Penutupan arus tersebut berlaku di simpang tiga Bu Sum, simpang tiga Pol Par, dan pintu 5. Sedangkan kantor parkir sepeda motor dan mobil berada di seputaran Taman Wisata Candi Borobudur.

"Dari arah Brojonalan dapat parkir di SD Kanisius atau pintu / gate 1. Terus dari arah Pasar Borobudur dapat parkir di belakang Rocket Chicken, Bank BKK, dan halaman rumah Pak Lurah," kata Satrio.

Bagi pengunjung yang datang dari Kujon, Satrio menambahkan, parkirnya bisa di barat Hotel Lotus dan halaman rumah Dasuki di depan Pos 5. "Apabila terjadi kepadatan arus di seputaran Bu Sum, simpang tiga Brojonalan situasional, buka tutup," imbuh dia.

Satrio juga mengimbau masyarakat yang akan ke Car Free Night Borobudur agar tetap menaati peraturan lalu lintas, mengenakan masker, dan mematuhi protokol kesehatan.

---

Artikel ini telah tayang di detikJateng.



Simak Video "Kemeriahan Kirab Budaya dengan Mengusung Ikon Relief Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA