Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 18 Jul 2022 05:41 WIB

TRAVEL NEWS

UNESCO Lakukan Validasi Ulang Geopark Batur di Bali

Antara
detikTravel
Perubahan warna dari biru ke hijau toska terlihat di hampir seluruh bagian danau, hanya tersisa bagian timur utara (dok. Petugas Pos Gunung Batur PVMBG)
Danau Batur
Denpasar -

Tim Assessor UNESCO tengah berada di Bali. Mereka bertugas melakukan revalidasi Geopark Batur sekaligus memasukkan K=kawasan Batur, Kabupaten Bangli, sebagai Global Geopark.

Perwakilan UNESCO itu tiba di Bali pada Sabtu (16/7/2022). Mereka juag menemui Gubernur Wayan Koster di Jayasabha, Denpasar di hari yang sama.

"Kehadiran Tim Assessor UNESCO Global Geopark untuk memvalidasi kembali keberadaan Global Geopark di Batur merupakan suatu kunjungan yang sangat penting dan berarti bagi kami di Provinsi Bali, karena revalidasi Geopark Batur sangat sesuai dengan visi pembangunan daerah Bali," kata Koster seperti dikutip dari Antara, Senin (18/7).

Gubernur berharap hasil penilaian UNESCO semakin memperkuat upaya pemerintah dalam menjaga kawasan Gunung Batur menjadi warisan budaya yang monumental dan bersejarah dari generasi ke generasi.

Gubernur juga berkomitmen penuh untuk melaksanakan arahan kebijakan UNESCO untuk menjaga kawasan Geopark Batur dengan baik.

Langkah itu dikaitkan dengan visi Pemerintah Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali, yang artinya menjaga kesucian dan keharmonian alam Bali beserta isinya. Yaitu, agar dalam menjalani kehidupan masyarakat Pulau Dewata agar harmonis dengan alam, manusia, dan kebudayaannya.

Untuk Kawasan Batur, Koster menuturkan bahwa daerah ini tergolong unik, karena lokasinya berdampingan dengan Gunung Batur, Danau Batur dan Desa Adat yang kaya akan keunikan serta keunggulan adat istiadat, tradisi, seni budaya, dan kearifan lokal turun temurun.

"Alam manusia dan kebudayaan Bali khususnya di Batur betul-betul sesuatu yang unik, tumbuh dan hadir di sana berkat sang pencipta sebagai suatu kawasan yang luar biasa dan tidak bisa dibuat lagi," kata Koster di hadapan Assessor UNESCO Global Geopark Nicholas Talbot Powe.

Pemprov Bali berjanji berkomitmen untuk memelihara kawasan. Apalagi, belakangan kondisi di sekitar Batur mulai tercemar dengan adanya polusi dan aktivitas pelanggaran dari pengunjung maupun manusia yang memanfaatkan lokasi sekitar.

"Ini harus kami tata dan berlakukan kebijakan untuk memproteksi kembali kelestarian Danau Batur secara ketat dan konsisten. Termasuk juga Gunung Batur harus dijaga, karena sekarang banyak yang mendaki dengan bebas dan telah ada beberapa kejadian yang mengalami kecelakaan, sampai ada yang meninggal," ujar Gubernur asal Buleleng tersebut.

Akhirnya untuk menjaga kawasan ini, Gubernur menugaskan Bupati Bangli untuk merancang masterplan Geopark Batur dan dilakukan dengan hati-hati dan mengedepankan konsep konservasi Gunung Batur, Danau Batur, desa adat, tradisi, seni budaya, dan kearifan lokal serta konservasi mengenai tata cara hidup masyarakat yang ada di sana.



Simak Video "Tari Kecak Uluwatu Bali yang Sarat dengan Filosofi Mistis"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Update Korban Tragedi Kanjuruhan
Update Korban Tragedi Kanjuruhan Selengkapnya