Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 15:31 WIB

TRAVEL NEWS

Nyamuk-nyamuk Raksasa Ada di Pangandaran

Museum Nyamuk di Pangandaran.
Museum Nyamuk Pangandaran (Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar)
Jakarta -

Pangandaran memiliki nyamuk-nyamuk berukuran raksasa. Traveler bisa menjumpainya di lokasi ini.

Memang, ada banyak objek wisata di Pangandaran. Tetapi jika ke sana jangan melewatkan untuk menengok Museum Nyamuk yang menjadi wisata edukasi satu-satunya di Kabupaten Pangandaran.

Museum Nyamuk Loka Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Pangandaran ada di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Lokasinya di Jalan Raya Pangandaran KM 3, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Di museum nyamuk terdapat berbagai jenis nyamuk hasil penelitian di Pangandaran dari berbagai daerah. Pengunjung bisa melihat replika nyamuk raksasa dengan sangat jelas.

Teknisi Lab Museum Nyamuk Loka Litbang Pangandaran Ajat Sudrajat mengatakan, pengunjung yang datang ke museum akan dikenalkan dengan beragam jenis nyamuk di Indonesia.

Museum Nyamuk di Pangandaran.Museum Nyamuk di Pangandaran (Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar)

Ajat menerangkan, nyamuk yang terdapat di Pangandaran ada empat jenis yaitu Aedes aegypty, Anopheles, Armigeres, dan Sekules.

DetikJabar mengunjungi Loka Litbang pada Senin (18/7/2022). Sewaktu memasuki ruangan musium, detikers bisa melihat langsung peta penyebaran jenis nyamuk di Indonesia, termasuk Jawa Barat, lengkap dengan nama ilmiah nyamuknya.

Setelah itu ada ruangan dokumenter, di dalamnya terdapat teater nyamuk. Di sana ada dokumenter yang menjelaskan seputar kehidupan dan edukasi nyamuk.

"Kalau pengunjungnya TK sampai SD maka diperlihatkan siaran kartun tentang edukasi nyamuk. Jadi tontonan sesuai rentang usia," kata Ajat.

Berita selengkapnya dapat traveler baca di tautan detikJabar ini



Simak Video "Menikmati Waktu Bersantai Ditemani Suara Air Gemericik, Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA