Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 17:41 WIB

TRAVEL NEWS

Jokowi Wanti-wanti untuk Permak Kampung Labuan Bajo

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Jokowi saat mengunjungi Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata, Kampung Baru, Labuan Bajo.
Presiden Jokowi saat mengunjungi Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata, Kampung Baru, Labuan Bajo. (Dok. Humas Setkab/Jay)
Labuan Bajo -

Dalam kunjungan kerjanya, Presiden Joko Widodo meninjau proyek pengembangan hunian pendukung pariwisata Labuan Bajo.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Salah satu agendanya yaitu melakukan peninjauan terhadap Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata, di Kampung Baru, Labuan Bajo.

"Yang dilakukan ini adalah penataan kawasan, jadi penataan kawasan Marina tidak hanya urusan penataan plaza, ada amfiteater, tapi juga penataan kampung. Penataan kampung ini diarahkan agar hunian-hunian yang ada bisa mendapatkan manfaat dari adanya pariwisata di Labuan Bajo," kata Presiden Jokowi di Labuan Bajo, Jumat (22/7/2022).

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan peningkatan kualitas rumah swadaya di Kawasan Pantai Marina, Labuan Bajo. Agar dapat ditingkatkan menjadi pondok wisata atau homestay.

Selain itu, upaya perbaikan juga difokuskan pada kawasan rumah tidak layak huni agar menjadi layak huni. Diharapkan dengan adanya upaya peningkatan kualitas ini kesejahteraan masyarakat di sekitar Labuan Bajo dapat ikut meningkat.

"Pemerintah pusat bersama-sama dengan pemda melakukan rehabilitasi rumah per rumah, ada rumah biasa menjadi pelaku usaha kios, kemudian dibuat 'homestay' sehingga pariwisata di Labuan Bajo ini betul-betul memiliki manfaat untuk yang kecil-kecil, bukan hanya untuk yang bintang 4 dan bintang 5, tapi yang kecil-kecil itu juga bisa mendapatkan manfaat sehingga naik kesejahteraannya," kata Presiden Jokowi.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga menegaskan pentingnya menjaga dan melestarikan fasilitas-fasilitas yang ada. Baik dari sisi kebersihan maupun pemeliharaan.

Kemudian Ia juga meminta pemerintah setempat untuk mengadakan pelatihan kepada para pelaku rumah wisata atau homestay.

"Saya sampaikan kepada Pak Bupati Manggarai Barat, Pak Gubernur NTT agar di lapangan mengenai sampah, pemeliharaan toilet, kemudian 'training' kepada pelaku-pelaku wisata 'homestay' itu terus dilakukan karena yang diperlukan adalah ke sana," ujarnya.

Presiden Jokowi kemudian menerangkan bahwa penataan kawasan hunian di daerah-daerah pariwisata di Indonesia akan terus dilakukan. Sama seperti yang dilakukannya di Mandalika dan Labuan Bajo, pemerintah akan mendukung penataan dan peningkatan kualitas dari para pelaku usaha kecil. Agar manfaat tak hanya dirasakan oleh pemilik usaha berskala besar, namun juga masyarakat kecil.

"Terakhir di Mandalika juga kita buat seperti ini, kemudian di Labuan Bajo kita buat seperti ini. Nanti di Likupang juga akan seperti itu, jadi semuanya yang kecil-kecil dilibatkan, di Borobudur juga, di Toba juga, semuanya. Masyarakat dilibatkan artinya yang dapat manfaat itu bukan hanya yang gede-gede saja," kata Presiden Jokowi.



Simak Video "Jokowi Naik Mobil Listrik Genesis yang Bakal Dipakai di KTT G20"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA