Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 23 Jul 2022 11:57 WIB

TRAVEL NEWS

Nepal Larang TikToker Ngonten di Tempat Suci Buddha

Putu Intan
detikTravel
Kami Rita Sherpa, 48, who is attempting a world record by climbing Mount Everest for the 22nd time this season, poses for a picture at Boudhanath Stupa in Kathmandu, Nepal March 26, 2018. REUTERS/Navesh Chitrakar
Stupa Boudhanath. Foto: Dok. REUTERS/Navesh Chitrakar
Kathmandu -

Turis berulah di tempat wisata religi demi konten, bikin otoritas Nepal kesal. Mereka akhirnya melarang wisatawan membuat konten TikTok di tempat wisata.

Dilansir dari Malay Mail, Sabtu (23/7/2022) aturan itu dibuat usai sekelompok influencer melakukan pose lucu dan menari di depan kuil Buddha. Kegiatan itu tampak asyik bagi mereka tapi bagi otoritas Nepal, itu tidak lucu.

Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena ini marak terjadi di sejumlah lokasi wisata Nepal. Maka otoritas melarang orang membuat konten TikTok. Misalnya di Stupa Boudhanath atau Kuil Gadhimai, traveler akan menjumpai tulisan "No TikTok".

Dipasangnya tanda-tanda tersebut untuk mencegah influencer merekam video yang nyeleneh di situs warisan tersebut.

Juru bicara Lumbini Development Trust yang mengelola Kuil Lumbini, Sanuraj Shakya menjelaskan larangan ini merupakan cara untuk memastikan ribuan umat Buddha dapat beribadah dengan tenang.

"Kami telah melarang pembuatan TikTok di dalam dan sekitar taman suci, tempat kuil utama berada," katanya kepada majalah Rest of the World.

"Membuat TikTok dengan memainkan musik yang keras membuat para peziarah dari seluruh dunia yang datang ke tempat kelahiran Buddha Gautama itu terganggu," ujarnya.

Aturan yang sama berlaku untuk Stupa Boudhanath, Situs Warisan Dunia Unesco di Kathmandu. Tempat suci agama Buddha ini memang ramai didatangi oleh ratusan umat yang berjalan-jalan, selalu searah jarum jam.

Baru-baru ini, sekelompok influencer yang datang untuk merekam video. Untuk mencegah mereka, komite manajemen Boudhanath memasang kamera pengintai di lokasi pada Maret 2021. Puluhan agen keamanan juga melakukan patroli untuk memastikan TikToker mematuhi aturan.



Simak Video "Intip Keseruan Festival 'Serunya Indonesia' dari TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA