Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 23 Jul 2022 13:13 WIB

TRAVEL NEWS

Pendaki Ini Cetak Sejarah, 2 Kali Gapai 14 Puncak Tertinggi Dunia

Andrzej Bargiel dan Gunung K2
Salah satu gunung tertinggi di dunia, K2 (Foto: CNN Sport)
Jakarta -

Seorang pendaki mampu mencetak rekor yang mencengangkan. Karena, ia dapat menggapai 14 puncak tertinggi di dunia sebanyak 2 kali.

Mengutip CNN, Sabtu (23/7/2022), seorang sherpa dari Nepal memecahkan rekor pendakiannya sendiri. Pencapaiannya itu diraih meski telah berusia 47 tahun.

Ia telah membuat rekor pendakian. Ia mampu mendaki 14 puncak dunia dengan lebih tinggi dari 8.000 meter untuk kedua kalinya, kata lembaganya, Kamis kemarin.

Ia bernama Sanum, adalah sherpa dari distrik Sankhuwasabha di Nepal timur. Ia mencapai puncak Gasherbrum II Pakistan, yang memiliki ketinggian 8.035 meter, adalah yang tertinggi ke-13, pada Kamis pagi, kata perusahaan pendakian Pioneer Adventure miliknya di Kathmandu.

"Dia adalah satu-satunya orang di dunia yang mendaki masing-masing dari 14 gunung tertinggi sebanyak dua kali," kata Nibesh Karki, direktur eksekutif perusahaan mengatakan kepada Reuters. Tidak ada rincian lebih lanjut yang diutarakan oleh dia.

Delapan dari 14 puncak tertinggi termasuk Gunung Everest, berada di Nepal. Enam lainnya berada di Pakistan dan wilayah Tibet di China.



Simak Video "Pemerintah Terapkan Prokes Bubble untuk Pertemuan Sherpa G20 di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA