Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 25 Jul 2022 12:21 WIB

TRAVEL NEWS

3 Alasan Kenapa Pesawat Tak Menyediakan Wi-Fi Gratis

High quality stock photo of a young boy playing and using a tablet computer on an airport plane.
Menggunakan wi-fi pesawat (Foto: iStock)
Jakarta -

Harga tiket pesawat tidaklah murah. Sudah begitu, fasilitas wi-fi gratis di pesawat tidak bisa diakomodir oleh maskapai.

Wi-fi gratis adalah sepotong kemewahan. Mengutip CN Traveler, Senin (25/7/2022), fasilitas wi-fi di pesawat adalah barang mahal dan koneksinya pun tak bisa diandalkan.

Ada beberapa alasan kenapa wi-fi gratis belum ada di pesawat:

1. Sumber pendapatan

Wi-fi justru menjadi sumber pemasukan yang sangat besar. JetBlue mulai menawarkan Wi-Fi gratis pada penerbangannya pada tahun 2017, dan sejak itu tidak ada maskapai besar Amerika yang mengikuti jejaknya.

Banyak maskapai sedang dalam proses membuat konektivitas berkecepatan tinggi gratis untuk semua penumpang. Salah satunya diutarakan Delta Air Lines dengan bersumpah pada tahun 2018 akan ada Wi-Fi gratis tapi ada pandemi dan diundur hingga akhir 2022 untuk pesawat domestik dahulu.

2. Butuh dana besar

Proses pemasangan wi-fi berkecepatan tinggi di pesawat tidaklah mudah. Prosesnya membutuhkan investasi waktu dan uang yang sangat besar karena jenis konektivitas harus sama dengan yang ada di rumah.

"Beberapa pesawat dapat dipasang wi-fi di pabrik sehingga siap pakai saat memasuki layanan," kata juru bicara Viasat, perusahaan internet satelit yang ditawarkan di sebagian besar maskapai penerbangan besar Amerika.

3. Mendaratkan pesawat beberapa hari

"Pilihan lain untuk maskapai adalah menghentikan layanan selama beberapa hari untuk pemasangan perangkat keras/sistem konektivitas dalam penerbangan," katanya.

Untuk menyediakan Wi-Fi, pesawat harus memiliki antena satelit, modem jaringan, dan sejumlah titik akses nirkabel di sekitar interior, kata Jeff Sare, wakil presiden di Panasonic Avionics Corporation. Dan semua perangkat keras itu harus dipelihara.

Selain upaya yang cukup besar untuk mengalokasikan semua waktu dan uang itu, maskapai penerbangan berada di bawah tekanan untuk mendapatkan koneksi berkecepatan tinggi yang tidak terputus di seluruh armada agar tidak mengganggu pelanggan dengan harapan yang tinggi.



Simak Video "Keren! RW di Purwakarta Ini Sediakan Wi-Fi Gratis untuk Siswa"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA