Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 09:09 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah 60 Tahun Terbengkalai, Jalur Trans Bhutan Akhirnya Dibuka

Yasmin Nurfadila
detikTravel
BHUTAN
Bhutan. (Foto: Istimewa)
Thimphu -

Pada 28 September 2022 Jalur Trans Bhutan akan dibuka untuk turis asing. Menawarkan jalan sepanjang sekitar 400 km dan melewati satu taman nasional serta 400 situs sejarah dan budaya.

Bhutan merupakan salah satu negara dengan panorama alam yang sangat indah. Negara ini juga menjadi salah satu negara karbon negatif. Menjadikannya incaran traveler yang ingin menikmati alam indah dengan lingkungan yang bersih.

Akses untuk menikmati sajian alam Bhutan kadang cukup menantang. Namun kini Bhutan akan membuka jalur Trans Bhutan untuk para wisatawan.

Dikutip dari CNN, ini merupakan kali pertama jalur Trans Bhutan dibuka untuk traveler setelah 60 tahun lamanya. Jalur sepanjang 250 mil ini akhirnya direstorasi setelah mendapatkan kucuran dana dari berbagai pihak.

"Ini adalah proyek berbasis komunitas, baik dalam pembangunan maupun pengoperasiannya yang akan memulihkan ikon budaya kuno dan memberikan pengalaman nol karbon yang berkelanjutan di negara ini bagi para peziarah dan pelancong," kata Ketua dari Bhutan Canada Foundation Sam Blyth.

Bhutan Canada Foundation merupakan donatur utama dari proyek restorasi jalur ini. Berdasarkan informasi dari mereka, jalur ini menghubungkan 9 distrik, 28 pemerintahan daerah, 2 kotamadya, 1 taman nasional, serta 400 situs sejarah dan budaya.

Mereka yang mengikuti jalur Trans Bhutan dari awal hingga akhir akan melewati 18 jembatan besar dan menapaki 10.000 tangga. Bagian ujung barat jalur ini ada di kota Haa, dekat perbatasan Tibet. Sedangkan ujung timur jalur berada di Trashigang, dekat perbatasan India.

Jangan membayangkan jalur ini sebagai sebuah jalan besar yang bisa dilalui kendaraan bermotor ukuran besar seperti jalan-jalan yang ada di Indonesia. Jalur Trans Bhutan merupakan jalan yang dibuat untuk dinikmati dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda gunung.

"Jalur Trans Bhutan juga mencerminkan filosofi Kebahagiaan Nasional Bruto milik Bhutan dan akan memungkinkan anak-anak Bhutan untuk berjalan menyusuri jejak nenek moyang mereka," kata Sam Blyth.

Menurut salah satu perwakilan Bhutan Canada Foundation, untuk menyusuri keseluruhan jalur diperlukan waktu sekitar satu bulan. Namun kemungkinan hanya traveler ambisius pecinta hiking saja yang akan melakukan ini. Diperkirakan para wisatawan umumnya hanya akan menjajal rute-rute pendek untuk tiga hingga tujuh hari.

Traveler yang tertarik menjelajahi rute ini tak perlu mengkhawatirkan masalah penginapan. Di sepanjang jalur Trans Bhutan tersedia berbagai macam akomodasi penginapan, mulai dari perkemahan sederhana hingga hotel bintang tiga.

Satu yang perlu diingat, traveler yang berencana menjelajahi jalur ini perlu mengajukan izin terlebih dahulu melalui laman resmi Trans Bhutan Trail.

Jalur ini telah diresmikan pada bulan Maret, namun akan dibuka untuk turis asing pada 28 September 2022. Lima hari setelah dibukanya border Bhutan untuk wisatawan mancanegara.



Simak Video "Seru-seruan Bermain Bola di Pulau Kecil yang Indah, Kalimantan Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA