Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Okt 2021 19:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Madeira hingga Paro, Ini 10 Bandara dengan Landasan Pacu Tercuram di Dunia

CNNIndonesia
detikTravel
Landasan Pacu Tercuram di Dunia
Foto: Landasan pacu Bandara Lukla, Nepal (AFP)
Jakarta -

Bandara-bandara di dunia memiliki landasan pacu yang beraneka ragam. Tak jarang datarannya begitu curam.

Take off dan landing menjadi waktu yang krusial saat penerbangan. Namun pilot yang ahli bisa menerbangkan pesawat dengan mulus bagaimana pun kondisi landasan pacunya Berikut 10 landasan pacu tercuram di dunia.


1. Madeira, Portugal

Bandara paling berangin di dunia adalah sebutan bagi bandara ini, yang juga berada di tepi tebing laut nan curam. Saat cuaca laut memburuk, penerbangan akan dibatalkan.

2. Leh, India

Bandara ini merupakan ke-23 tertinggi di dunia. Landasan pacunya dikelilingi gunung, sehingga berangin dan lebih sering mendung. Hanya pilot berpengalaman yang boleh mendaratkan pesawat kecil di sini.

3. Sint Maarten

Indah namun mendebarkan, itulah dua kata yang bisa menggambarkan pendaratan pesawat di landasan pacu yang menyatu dengan pantai turis di Karibia ini.

Landasan pacu tercuram di duniaBandara Sint Maarten Foto: (iStock)

4. Paro, Bhutan

Satu-satunya bandara di Bhutan, dan hanya segelintir pilot berpengalaman yang bisa mendarat di sini pada saat matahari masih terik demi visibilitas. Kecuramannya kurang lebih sama dengan bandara Lukla di Nepal.

Landasan Pacu Tercuram di DuniaLandasan Pacu Tercuram di Dunia Foto: (AFP)

5. London City, Inggris

Menunggu pendaratan di tengah kota, yang dipenuhi gedung pencakar langit, tentu saja mendebarkan. Sama dengan yang terjadi di bandara ini. Naik pesawat seakan naik helikopter.

6. Reagan National Airport, Amerika Serikat

Sungai yang sejajar dengan landasan pacu, serta larangan terbang di luar zona yang diizinkan - karena sekelilingnya area gedung pemerintahan dan pemukiman pejabat - membuat pendaratan di bandara ini sangat menantang. Bulan Juni tahun 2021 ada tragedi pesawat tergelincir.

Landasan pacu tercuram di duniaLandasan pacu tercuram di dunia Foto: (iStock)

7. Innsbruck, Austria

Di bandara destinasi ski terbaik di Austria ini, pilot harus membuat pesawatnya menukik dan berbelok tajam untuk mendarat. Walau landasannya lebar, tapi pilot harus tetap hati-hati, karena kanan kirinya tebing gunung es.

Landasan Pacu Tercuram di DuniaBandara Innsbruck Foto: (AFP)

Selanjutnya, Congonhas-St Henia

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA