Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 17:41 WIB

TRAVEL NEWS

Pendaki Harap Simak! Jalur Pendakian Gunung Raung Ditutup Akibat Erupsi

Ardian Fanani
detikTravel
Foto PPGA saat Gunung Raung meletus
Foto letusan Gunung Raung. (Foto: Istimewa/PPGA Raung)
Banyuwangi -

Gunung Raung meletus Rabu kemarin. Demi mencegah kejadian tak diinginkan, aparat kepolisian menutup jalur pendakian sampai waktu yang belum ditentukan.

Pada Rabu (27/7/2022), gunung yang berada di perbatasan Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso itu meletus. Berdasarkan rekaman seismograf, Gunung Raung dilaporkan mengeluarkan letusan selama 9 menit.

Kepala Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Raung Mukijo mengungkapkan bahwa Gunung Raung erupsi selama 9 menit dari pukul 17.19 WIB hingga 17.28 WIB.

Berdasarkan gambar erupsi Gunung Raung dari Jampit, Bondowoso yang didapatkan PPGA, terlihat asap berwarna abu-abu mengepul di bagian barat dan barat laut gunung.

Meski mengalami erupsi, hingga saat ini status Gunung Raung masih normal dalam level 1. Namun untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, BMKG Banyuwangi dan aparat kepolisian setempat memutuskan untuk menutup jalur pendakian.

Kasi Humas Polresta Banyuwangi Iptu Lita Kurniawan membenarkan kabar penutupan ini. Ia menuturkan bahwa jalur pendakian ditutup sesuai surat edaran dari BMKG Banyuwangi yang melarang wisatawan atau warga mendekati Gunung Raung untuk sementara waktu.

"Benar untuk sementara Raung ditutup untuk pendakian. Sampai kapan, sampai ada pengumuman pembukaan," ujarnya kepada detikJatim, Kamis (28/7/2022).

Berkaitan dengan penutupan ini, pihak kepolisian dan pengelola pun melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat dan para pendaki. Larangan ini resmi diberlakukan sejak Kamis (28/7/2022).

"Mulai hari ini pendakian jalur Wonorejo ditutup. Kemarin aktivitas pendakian masih berjalan seperti biasa. Kemarin pagi sebelum ada erupsi teman kita masih ada di puncak dan mereka aman," kata pengelola pendakian Gunung Raung jalur selatan Wonorejo, Desa Kalibaru Manis, Eko Wahyudianto (44), Kamis (28/7/2022).

Pihak pengelola menghaturkan maafnya kepada para wisatawan yang sudah berencana untuk mendaki hari ini. Ia juga meminta kepada wisatawan untuk bersabar hingga larangan ini dicabut.

"Kami mohon maaf dan bersabar. Nanti setelah ada informasi pembukaan pendakian akan kami informasikan lebih lanjut," ujarnya.

Bagi traveler yang sudah merencanakan pendakian ke Gunung Raung, harap bersabar, ya! Jangan lupa terus pantau situasi di gunung tersebut. Siapa tau sewaktu-waktu kondisi kembali aman dan jalur pendakian kembali dibuka.

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Baca di sini.



Simak Video "Dampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Banyuwangi Ditutup Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA