Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 17:21 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Bule di Bali Bertingkah Lagi, yang Ini Kencingi Motor, Kini Diburu Imigrasi

Sui Suadnyana
detikTravel
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar Tedy Riyandi saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (28/7/2022).
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar Tedy Riyandi saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (28/7/2022). (I Wayan Sui Suadnyana/detikBali)
Denpasar -

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar memburu warga negara asing (WNA) yang berulah di Bali. Bule itu mengencingi motor saat lampu merah di persimpangan McD Sanur, Kota Denpasar, Bali.

Aksi jorok bule kencing di atas motor terungkap pada akun aplikasi Tiktok, pada Selasa (26/7/2022). Warganet menilai aksi bule kencing di tempat umum itu tidak sopan. Sudah begitu jorok dengan kencing sembarangan.

Dalam rekaman video itu, terlihat seorang bule pria mengendarai motor matic. Bule mengenakan baju hitam duduk di atas sepeda motor dan berhenti menunggu lampu hijau di depan McD Sanur, Denpasar Selatan. Tetapi, nomor polisi sepeda motornya tidak terlihat.

Tak lama berselang, bule tadi lalu membuka resleting celananya dan langsung kencing sambil duduk dari atas motor.

"Kami sedang berupaya menghubungi akun yang upload video bule kencing di lampu merah itu. Yang merekam pada saat kejadian, apakah mempunyai video lain, minimal video yang ada memuat pelat nomor kendaraan yang digunakan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar Tedy Riyandi seperti dikutip dari detikBali, Kamis (28/7/2022).

Tedy mengungkapkan hingga kini belum menemukan identitas laki-laki yang diduga WNA yang sedang berkendara sepeda motor di seputaran Sanur dan melakukan hal tidak pantas atau tidak wajar membuang air kecil atau membuang air seni tersebut.

Imigrasi berkoordinasi dengan kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, dan Dinas Sosial untuk menemukan identitas bule itu. Salah satunya, dengan meminta rekaman closed-circuit television (CCTV) di jalan.

"Mudah-mudahan upaya kami ini jika berhasil setidaknya memperoleh nomor kendaraan yang digunakan pada saat itu," harap Tedy.

Nantinya, setelah mengetahui identitas bule tersebut, Imigrasi berkoordinasi lagi dengan kepolisian terkait pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan untuk menentukan WNA tersebut bersalah atau tidak.

"Karena kan setiap warga negara asing yang berada di Indonesia wajib memiliki izin tinggal. Jadi nanti diperiksa, setelah ditemukan akan diperiksa. Apa hasil pemeriksaan, nanti akan menentukan apa yang dilanggar," kata dia.

"Setelah pemeriksaan baru diketahui apa yang dilanggar. Kami harus cari tahu dulu motifnya apa, kan seperti itu. Motifnya apa, tujuannya apa, kan harus dituangkan dulu di dalam berita acara pemeriksaan," tambahnya.

Menurut Tedy, pelanggaran bule kencingi motor saat kena lampu merah seperti itu baru pertama kali terjadi di Bali. Ia menargetkan bisa menemukan bule tersebut secepatnya.

Tedy mengimbau siapapun yang mengenal bule tersebut bisa memberikan informasi kepada pihaknya di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar. Dia juga bakal mencari ke berbagai komunitas WNA di Bali.

Pelat kendaraan yang dipakai bule itu tidak terlihat dalam video viral, sehingga aparat kesulitan menyelidiki warga negara asing (WNA) yang viral mengencingi motor saat kena lampu merah di perempatan McD, Sanur, Denpasar.

"Berdasarkan video viral tersebut, pelat nomor kendaraan tidak terlihat dengan jelas sehingga menyulitkan pihak kepolisian untuk menemukan identitas WNA tersebut," kata Tedy.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Denpasar Kompol Ni Putu Utariani mengaku telah meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali untuk melakukan pengecekan CCTV di sekitar lokasi.

"Dishub Provinsi (Bali) sudah kami tanya, karena yang punya CCTV," kata Utariani dalam pesan singkat.

Kapolresta Denpasar Kombes Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, pihaknya akan memberikan imbauan kepada bule tersebut agar disiplin berlalu lintas dan mengedepankan etika dalam berkendara di jalan raya.

"Nanti kami berikan imbauan yang bersangkutan terkait hal ini. Seperti yang sudah kami lakukan selalu memberikan imbauan untuk pengendara agar disiplin berlalu Lintas dan beretika di Jalan Raya, dan kami masif melakukan tindakan preventif dalam rangka pencegahan," kata dia.

Simak Video 'Heboh Bule Kencing di Motor saat Berhenti di Lampu Merah Denpasar':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA