Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 29 Jul 2022 05:06 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Lokal Kutuk Keras Tiket Rp 3,75 Juta ke TN Komodo!

Jakarta -

Pemerintah bersikukuh akan menaikkan harga tiket ke Taman Nasional Komodo menjadi Rp 3,75 juta per orang. Masyarakat Komodo pun mengutuk keras kebijakan itu.

Dalam Surat Pernyataan Sikap Masyarakat Desa Komodo yang diterima detikTravel, masyarakat desa Komodo mengutuk keras rencana kenaikan harga tiket masuk di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) menjadi Rp 3,75 juta yang akan diterapkan mulai 1 Agustus 2022 mendatang.

"Kami masyarakat desa Komodo mengutuk keras wacana harga tiket ke pulau Komodo karena hanya bisa dijangkau oleh pasar menengah ke atas. Dari wacana tersebut sangat berdampak negatif terhadap kunjungan wisata ke Taman Nasional Komodo," demikian pernyataan yang diterima detikTravel, Jumat (29/7/2022).

detikTravel menemui salah satu warga desa Komodo yang menyatakan penolakan terhadap kebijakan tersebut. Adriansyah khawatir akan masa depan mata pencahariannya sebagai pelaku pariwisata terancam, dengan kenaikan harga itu.

"Sejauh ini, kalau masyarakat sendiri sangat keberatan sekali dengan tarif yang diberlakukan. Rata-rata pelaku pariwisata, khawatir tingkat belanja dan tingkat kunjungan tamu yang dibatasi itu akan berpengaruh pada pendapatan mereka," kata Ian, sapaan akrabnya kepada detikTravel di Pulau Komodo, Kamis (28/7/2022).

Apalagi sejak pandemi terjadi 2 tahun lalu, sampai sekarang, ekonomi warga Komodo belum pulih benar, lalu tiba-tiba muncul kebijakan kenaikan tarif masuk seperti ini. Tentu saja warga Komodo merasa sangat keberatan.

"Kami dibuat pusing sama kebijakan ini mas. Ekonomi kita belum stabil, belum pulih benar, tiba-tiba ada rencana ini. Jujur sih sangat miris kami masyarakat Komodo ini," dia menambahkan.

Dalam Surat Pernyataan Sikap Masyarakat Desa Komodo itu pula, mereka meminta agar Bupati Manggarai Barat menarik kembali dukungannya terhadap kebijakan tiket Rp 3,75 juta tersebut.

"Meminta bupati Manggarai Barat untuk menarik kembali pernyataannya yang mendukung penerapan kebijakan menaikkan harga tiket sebesar Rp 3.750.000 ke pulau Komodo karena alasan konservasi," begitulah tuntutan masyarakat Komodo.

"Stop mengatasnamakan konservasi jika pernyataan tersebut tidak didasari kajian dan pertimbangan yang matang. Selain itu, pernyataan tersebut dapat mengakibatkan menurunnya animo wisatawan untuk mengunjungi Labuan Bajo, Manggarai Barat, khususnya pulau Komodo dan pulau Padar," ujar masyarakat Komodo.

(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA