Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Jul 2022 14:43 WIB

TRAVEL NEWS

Kerangka Dinosaurus Laku Rp 89,2 M di Pelelangan

Gorgosaurus
Gorgosaurus (Foto: CNN)
Jakarta -

Kerangka dinosaurus kuno juga langka telah dijual di AS. Pembeli tidak dikenal menebusnya seharga lebih dari USD 6 juta (Rp 89,2 miliar).

Itu adalah fosil Gorgosaurus. Kerangka yang ditawarkan oleh Sotheby's itu dijual di lelang sejarah alam perusahaan di New York City pada hari Kamis.

Gorgosaurus merupakan kerabat jauh Tyrannosaurus rex yang terkenal dan mematikan, penemuannya pada tahun 2018.

Pembeli anonim akan memiliki kesempatan unik untuk memberikan nama panggilan pada predator puncak sebanyak satu kali.

Penjualan tersebut adalah yang kedua kalinya dari kerangka fosil dinosaurus yang dilelang oleh Sotheby's. Yang pertama, T-rex yang dijuluki Sue, dijual ke Museum Lapangan Chicago pada tahun 1997 seharga USD 8,36 juta.

Gorgosaurus sendiri diharapkan menarik tawaran hingga USD 8 juta. Ini adalah satu-satunya spesimen dari jenisnya yang ditawarkan untuk kepemilikan pribadi. Hanya ada 20 fosil seperti itu yang diketahui di seluruh dunia.

Gorgosaurus menjelajahi Bumi sekitar 77 juta tahun yang lalu. Seperti T-rex, ia memiliki kepala besar, mulut penuh gigi bergerigi melengkung dan kaki depan kecil berjari dua.

Meskipun lebih kecil dari dinosaurus sepupunya, ia lebih cepat, lebih ganas, dan memiliki gigitan yang lebih kuat. Bagian tubuhnya itu dioptimalkan untuk memotong kulit tebal dan menembus jauh ke dalam daging mangsanya, menurut Sotheby's.

Fosil itu ditemukan di tanah pribadi di negara bagian Montana, AS. Gorgosaurus memiliki 79 elemen tulang, tingginya 3 meter dan panjang 6,7 meter.

Sementara julukan untuk kerangka Gorgosaurus belum diumumkan secara resmi, "Gorgeous George" muncul sebagai pesaing kuat di antara pengikut media sosial Sotheby.

Barang-barang sejarah alam lainnya yang akan dilelang pada hari Kamis termasuk gigi T-rex lengkap, yang dijual seharga lebih dari USD 100.000, tengkorak Triceratops, yang dijual seharga USD 661.500, dan tengkorak harimau bergigi pedang.

Harga rekor dunia untuk fosil dinosaurus sebesar USD 31,8 juta. Fosil itu dijual di lelang online ke pembeli pribadi pada tahun 2020. Beberapa ahli khawatir tentang kerangka dinosaurus yang dijual di pasar swasta.



Simak Video "Koleksi Fosil Lengkap Gorgosaurus Bakal Dilelang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA