Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 22:20 WIB

TRAVEL NEWS

Mimpi Mapala UI Wujudkan Pendakian Gunung yang Netral Karbon

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Mapala UI kampanyekan Pendakian Netral Karbon melalui program BAKA-RAYA PROJECT.
Mapala UI kampanyekan Pendakian Netral Karbon. (Yasmin Nurfadila/detikTravel)
Jakarta -

Wisatawan dan para pecinta alam juga menjadi salah satu penyumbang emisi karbon. Sebagai upaya untuk menguranginya, Mapala UI adakan kegiatan pendakian netral karbon.

Mapala UI atau mahasiswa pecinta alam Universitas Indonesia merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di tingkat universitas. Mapala UI merupakan organisasi yang aktif dalam kegiatan alam serta penelitian sosial. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah melakukan pendakian gunung.

Sebagai organisasi yang fokus berkegiatan di alam, Mapala UI tak hanya melakukan penjelajahan. Organisasi ini juga kerap melakukan aksi-aksi yang berdampak positif untuk lingkungan melalui GAUL (Gerakan Aksi Untuk Lingkungan).

Sehubungan dengan kondisi alam dunia yang terus mengalami penurunan karena perubahan iklim, Mapala UI ikut ambil bagian dalam melakukan perbaikan. Salah satunya melalui Pendakian Netral Karbon bertajuk BAKA-RAYA PROJECT yang akan dilakukan pada Agustus ini.

Pendakian Netral Karbon akan dilakukan di Taman Nasional Bukit Baka dan Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Pendakian ini akan dilakukan pada 7-28 Agustus 2022 oleh 35 orang yang terdiri atas anggota dan calon anggota Mapala UI serta personel dari Dinas Jasmani Angkatan Darat.

Pendakian ini pada dasarnya merupakan bagian dari rangkaian pendidikan calon anggota Mapala UI. Namun ada yang berbeda pada pendakian kali ini karena membawa misi sebagai Pendakian Netral Karbon.

Selain untuk ajang pendidikan calon anggota, pendakian ini juga bertujuan untuk mengampanyekan kesadaran para pendaki dan wisatawan akan emisi karbon yang dihasilkan dari pendakian. Tidak hanya itu, pendakian ini juga diharapkan dapat meningkatkan geliat pariwisata di Kabupaten Sintang yang sempat melesu akibat pandemi.

BAKA-RAYA PROJECT ini juga merupakan bentuk kontribusi Mapala UI terhadap target Indonesia Net Zero Emission pada tahun 2060.

"Kegiatan ini merupakan upaya Mapala UI sebagai salah satu pelopor organisasi pecinta alam agar tetap terus responsif dan adaptif terhadap isu lingkungan secara global. Dengan adanya target Indonesia Net Zero Emission pada tahun 2060, BAKA-RAYA PROJECT menjadi bentuk kontribusi kami untuk turut serta dalam upaya melawan climate change tersebut," kata Ketua Mapala UI Magkma dalam konferensi pers BAKA-RAYA PROJECT di Sekretariat ILUNI UI, Selasa (2/8/2022).

Selain itu, proyek ini juga merupakan bentuk dukungan Mapala UI terhadap program "Towards Climate Positive Tourism through Decarbonization and Eco-tourism" yang diluncurkan Kemenparekraf pada Juli 2022.

"Kami berharap kampanye Pendakian Netral Karbon ini nantinya dapat bersinergi dengan Kemenparekraf serta organisasi terkait lainnya agar dapat bersama-sama mewujudkan pariwisata alam yang ramah lingkungan di Indonesia. Apalagi mengingat yang disampaikan oleh Menparekraf bulan lalu, bahwa Indonesia adalah negara pertama di ASEAN yang berkomitmen Net Zero Emission dalam sektor pariwisata. Jadi sudah sepatutnya kita segera bergerak mewujudkan komitmen itu," kata Ketua Pelaksana BAKA-RAYA PROJECT Rifqi Noor Afwan dalam konferensi pers yang sama.

Selanjutnya: Alasan Dipilihnya TNBBBR

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA