Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 23:10 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Paris, Ini Kota Paling Cantik Sedunia Menurut Sains

bonauli
detikTravel
Kota Chester di Inggris
Foto: Ilustrasi (Getty Images/trabantos)
Chester -

Paris, Venesia hingga Barcelona adalah kota-kota ikonik dunia yang terkenal dengan keindahannya. Namun menurut Sains kota inilah juara satunya.

Chester, kota katedral di barat laut Inggris terpilih sebagai kota terindah dunia menurut sains. Studi terbaru ini dilakukan oleh Online Mortgage Advisor, peneliti yang menggunakan Google Street View.

"Banyak seniman selama beberapa abad terakhir telah memasukkan rasio emas ke dalam karya mereka, percaya itu menjadi standar emas dalam kesempurnaan estetika alami. Dengan menggunakan rasio emas untuk mengukur bangunan biasa dan landmark ikonik, kami berangkat untuk menemukan kota mana di Inggris Raya dan di seluruh dunia yang dapat mengklaim memiliki bangunan terindah," ucap Online Mortgage Advisor dikutip dari Daily Mail.

Metode yang digunakan adalah dengan mencari golden ratio dari kota tersebut. Para peneliti memplotkan titik di sudut tiap bangunan untuk menghitung proporsi panjang terpanjang dan terpendek dari dimensinya.

Proporsi itu kemudian dibandingkan dengan golden ratio atau rasio emas untuk melihat seberapa cocok mereka. Rasio emas haruslah mendekati 1:1,618, artinya bangunan yang sejajar dengannya akan mengandung bentuk dan struktur yang memiliki hubungan satu sama lain.

Dari sana terungkap bahwa Kota Chester memiliki rasio emas tertinggi, 83,7 persen. Peringkat kedua diduduki oleh Venesia dengan skor 83,3 persen.

"Chester memiliki tembok kota terlengkap, arena pacuan kuda tertua dan Amfiteater Romawi terbesar di Inggris, ditambah katedral berusia 1.000 tahun dengan contoh ukiran abad pertengahan terbaik di Eropa. Kota kuno adalah pengalaman yang benar-benar menakjubkan," tulis Visitcheshire.

Berikut 10 kota tercantik menurut sains:

1. Chester, Inggris: 83.7%
2. Venice, Italia: 83.3%
3. London, Inggris: 83%
4. Belfast, Inggris: 82.9%
5. Roma, Italia: 82%
6. Barcelona, Spanyol: 81.9%
7. Liverpool, Inggris: 81%
8. Durham, Inggris: 80.5%
9. Bristol, Inggris: 80%
10. Oxford, Inggris: 79.7%



Simak Video "Inggris Siap Jalankan Misi Bersih-bersih Sampah di Antariksa"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA