Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

India Naikkan Batas Pensiun Pilot Jadi 65 Tahun

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi kokpit
Foto: (Getty Images/StockByM)
Jakarta -

India mengambil kebijakan dengan menaikkan batas usia pensiun pilot menjadi 65 tahun. Hal ini mereka lakukan untuk keseimbangan maskapai.

Air India memutuskan untuk menjadikan batas usia pensiun pilot dari semulanya 58 tahun menjadi 65 tahun. Langkah itu dilakukan untuk memastikan jumlah pilot yang memadai seiring dengan jumlah armada yang terus bertambah.

Seperti yang dilansir dari Business Insider, Kamis (4/8/2022) DGCA (Direktorat Jenderal Perhubungan Udara) India mengizinkan pilot untuk terbang hingga usia 65 tahun, dibandingkan dengan usia pensiun Air India 58 tahun. Mengizinkan pilot terbang hingga usia 65 adalah praktik yang sebagian besar diikuti industri penerbangan.

"Untuk memenuhi persyaratan, kami diusulkan untuk mempertahankan pilot terlatih kami saat ini di Air India pasca pensiun berdasarkan kontrak selama 5 tahun yang dapat diperpanjang hingga 65 tahun," kata S.D. Tripathi, Chief Human Resource Officer (CHRO) Air India (AI) dalam rilisnya.

Air India juga akan membentuk sebuah lembaga yang terdiri dari perwakilan fungsional SDM dan operasi & keselamatan penerbangan untuk memeriksa kelayakan pilot yang pensiun dalam dua tahun ke depan. Lembaga ini akan bertanggung jawab untuk meninjau catatan masa lalu pilot sehubungan dengan disiplin, keselamatan penerbangan, dan kewaspadaan.

Setelah peninjauan, komite akan merekomendasikan nama-nama terpilih kepada CHRO untuk menerbitkan kontrak setelah pensiun buat para pilot.

Sesuai kebijakan maskapai, kontrak setelah pensiun akan mencakup klausul untuk tinjauan tahunan atas kinerja dasar kontrak, perilaku dan catatan keselamatan penerbangan. Setelah menyelesaikan lima tahun pelayanan yang memuaskan, pemeriksaan menyeluruh atas kinerja mereka akan dipertimbangkan untuk perpanjangan lebih lanjut hingga 65 tahun.

Bagaimana batas usia pilot di Indonesia?

Dalam website Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, maksimal batas usia pensiun pilot juga sama, yakni 65 tahun.



Simak Video "Penampakan Ratusan Paus Terdampar di Pantai Barat Tasmania"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA