Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 11:42 WIB

TRAVEL NEWS

Tragis, Remaja Tewas Diterkam Buaya di Danau Tolire

Antara
detikTravel
Danau Tolire Besar di Ternate Utara
Danau Tolire Besar. (Titry Frilyani/d'Traveler)
Ternate -

Objek wisata Danau Tolire sempat ditutup sementara untuk mencari korban penyerangan buaya. Korban kini sudah ditemukan, namun evakuasi belum dapat dilakukan.

Pada Rabu (3/8/2022), dilaporkan ada seorang remaja yang hilang setelah diserang buaya liar di Danau Tolire, Ternate, Maluku Utara. Menanggapi hal ini, Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit menyatakan bahwa objek wisata Danau Tolire ditutup sementara untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban.

Korban diketahui bernama Farjan, remaja berusia 16 tahun asal Kelurahan Takome, Ternate. Ia dilaporkan hilang setelah diterkam buaya saat memancing bersama enam remaja lainnya di Danau Tolire.

Pada Rabu sekitar pukul 17.00 WIT, jenazah Farjan (16) terlihat muncul ke permukaan Danau Tolire Besar. Setelah Tim SAR Gabungan melakukan pencarian menggunakan drone dan dibantu warga dengan melakukan berbagai ritual. Sayangnya, tak jauh dari jenazah korban terlihat ada seekor buaya.

"Jasad korban belum dapat dievakuasi walaupun sudah terlihat muncul di permukaan air danau, karena masih dibawa oleh buaya ke tengah danau," kata Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman, Rabu (3/8) seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, evakuasi juga belum dapat dilakukan karena terkendala akses menuju lokasi serta kondisi yang mulai gelap. Jalur menuju titik ditemukannya korban mempunya kemiringan yang membuat petugas kesulitan.

Fathur juga menyebutkan bahwa saat pencarian di siang hari, Tim SAR Gabungan bahkan perlu menggunakan alat bantu berupa tali karena kondisi jalur menuju tepi sungai yang cukup ekstrem.

Dilaporkan bahwa operasi SAR dihentikan untuk sementara. Proses evakuasi akan dilanjutkan pada Kamis (4/8/2022).

Untuk menghindari hal serupa terjadi, petugas akan memasang beberapa himbauan di lokasi Danau Tolire. Kemudian Koordinator Regional Maluku Utara Vertikal Rescue Indonesia Abdul Kadir Arif juga mengimbau kepada wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Danau Tolire agar mengetahui zona aman suatu lokasi wisata. Sehingga dapat terhindar dari kejadian yang membahayakan.



Simak Video "Tubuh Remaja di Bintan Ditemukan Tak Utuh Usai Diterkam Buaya"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA