Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 16:18 WIB

TRAVEL NEWS

Aksi Mogok Labuan Bajo, Turis Tidak Terlantar, Malah Ada yang Ikut Demo

bonauli
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menanggapi kenaikan tarif masuk kawasan TN Komodo saat Weekly Press Briefing, di Gedung Sapta Pesona, Senin (11/7/2022). Menparekraf mengatakan kenaikan tarif masuk kawasan untuk biaya konservasi jasa ekosistem.
Pulau Padar (Kemenparekraf)
Manggarai Barat -

Labuan Bajo sedang tidak baik-baik saja. Di tengah sorotan mahalnya kenaikan tiket dan aksi mogok, masih ada turis yang sudah jauh-jauh datang ke sana.

Tiket masuk ke Pulau Komodo dan Pulau Padar naik hingga Rp 3,75 juta per orang pada 1 Agustus 2022. Tiket ini mirip tiket Dufan yang sekali bayar, tapi bisa digunakan selama setahun.

Di sisi lain, hal ini memberatkan para pelaku wisata lokal. Menolak keputusan ini, pelaku wisata melakukan aksi mogok selama sebulan, yaitu 1-31 Agustus 2022.

Lantas bagaimana dengan wisatawan yang sudah terlanjur datang. Ardiansyah, pemandu wisata di Labuan Bajo menceritakan kondisi turis-turis yang datang saat aksi mogok.

"Tanggal 1 kemarin ada turis yang mau naik kapal (live on board) untuk trip. Mereka dikawal oleh pihak TNI-Polri selama trip," ucapnya pada detikTravel.

Melalui rekaman video, diketahui turis-turis ini tidak terlantar. Mereka menggunakan kapal karena semua fasilitas wisata sedang mogok.

"Jumlah turisnya kurang tahu, tapi tanggal 1 kemarin ada sekitar 10 kapal yang masih beroperasi," jelasnya.

Tak hanya pelaku wisata, turis yang sedang liburan di sana pun ikutan aksi demo bersama warga lokal. Mereka tadinya mau liburan ke Pulau Komodo selama 4 hari, tapi memutuskan untuk ikut demo karena tidak setuju dengan kenaikan harga tiket.

"Saya ikut demo ini untuk men-support orang lokal, karena pemerintah menaikkan harga masuk. Kami tidak ingin ada kenaikan," ucap bule tersebut.



Simak Video "Keluh Kesah Aliansi Labuan Bajo soal Tarif Rp 3,75 Juta TN Komodo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA