Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 22:42 WIB

TRAVEL NEWS

Hore! Rute Penerbangan Tasikmalaya-Jakarta Kembali Hadir

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pesawat komersial Jakarta -Tasikmalaya mendarat di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya, Rabu (3/8/2022).
Penerbangan pesawat rute Tasikmalaya-Jakarta. (Foto: Istimewa)
Tasikmalaya -

Setelah terhenti akibat pandemi, rute penerbangan Tasikmalaya-Jakarta dengan pesawat Susi Air akhirnya dibuka kembali.

Rabu (3/8/2022) menjadi hari pertama penerbangan kembali pesawat Susi Air rute Tasikmalaya-Jakarta setelah sempat vakum karena pandemi. Rute penerbangan komersial ini dibuka kembali di bandara Wiriadinata, Tasikmalaya.

Rute penerbangan Tasikmalaya-Jakarta itu kini dibuka selama empat hari dalam seminggu. Yakni pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. Tarif yang dipatok untuk penerbangan ini adalah sekitar Rp 1,5 juta.

Terpantau jadwal keberangkatan dari Tasikmalaya adalah pukul 08.35 WIB. Sedangkan jadwal keberangkatan dari Jakarta atau Pondok Cabe adalah pukul 07.30 WIB.

Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnd Adi Putra Buana mengungkapkan apresiasi atas dibukanya kembali rute penerbangan yang sempat ditutup akibat pandemi itu. Ia berharap masyarakat dapat mendukung dan memanfaatkan rute ini.

"Kami tentu berharap dukungan masyarakat, untuk dapat memanfaatkan layanan penerbangan ini," kata Adi.

Adi juga menuturkan bahwa pihaknya sedang merencanakan pembukaan rute penerbangan lain dari Tasikmalaya, yaitu rute Tasikmalaya-Jogja dan Tasikmalaya-Pangandaran.

Namun kedua rute ini masih dalam tahap perencanaan. Pihaknya masih mempertimbangkan dan melihat peminat dari kedua rute tersebut.

"Tapi rencana rute ke Jogjakarta dan Pangandaran, masih mempertimbangkan animo masyarakat. Bukan hanya keinginan saja namun dibarengi pula oleh partisipasinya memanfaatkan layanan penerbangan ini," kata Adi.

Rencana ini disambut baik oleh warga Tasikmalaya. Salah satunya yaitu Dadang Holis (46) warga Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya. Ia mengungkapkan mendukung rencana tersebut, terutama untuk rute ke Pangandaran.

"Penerbangan ke Pangandaran bisa mendukung wisata. Mantai mungkin hanya butuh waktu kurang dari 30 menit, semoga saja tarifnya terjangkau," kata Dadang.

Namun menurut Dadang ada satu kekurangan. Ia menyampaikan bahwa bandara Nusawiru Pangandaran relatif jauh dari destinasi utama pantai Pangandaran. Meski begitu, bandara ini cukup dekat ke destinasi wisata lain di Pangandaran.

"Bandara Nusawiru kan di Kecamatan Cijulang, jauh dari pantai Pangandaran. Tapi kalau ke pantai Batukaras atau Green Canyon dekat," kata Dadang.

Artikel ini telah tayang di detikJabar.



Simak Video "Susi Air Kecelakaan di Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA