Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 06 Agu 2022 15:18 WIB

TRAVEL NEWS

Masuk Museum Multatuli akan Dibuat Berbayar, Kamu Setuju?

Fathul Rizkoh
detikTravel
Museum Multatuli
Foto: Fathul Rizkoh/detikcom
Lebak -

Pemerintah berencana menarik harga tiket masuk Museum Multatuli di Rangkasbitung, Lebak, Banten. Nantinya pengunjung yang hendak masuk museum tidak lagi gratis.

"Iya, ada informasi demikian. Namun secara resmi kami dari pihak museum pun belum dimintai pendapat. Kami baru membuat kajian singkatnya saja," kata Kepala Museum Multatuli Ubaidillah Muchtar kepada detikcom, Sabtu (6/8/2022).

Menurutnya, wacana ini muncul seiring dengan format Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). BLUD sendiri sudah diterapkan di puskesmas.

Sementara wacana harga tiket masuk museum masih harus dikaji lagi dan disesuaikan dengan perda yang ada.

"Belum ada baik pengusul maupun alasannya sebab nanti harus revisi perda dulu. Baru ketemu pengusul dan mengapa harus ditarifnya," tuturnya.

Museum MultatuliMuseum Multatuli. Foto: Fathul Rizkoh/detikcom

Ubai berargumen wacana harga tiket untuk masuk museum tidak jadi masalah. Museum ke depannya bisa mempunyai pendanaan sendiri untuk kemajuan museum.

"Secara pribadi tentu saja tidak masalah. Sebab bagaimana pun museum ke depannya menuju BLUD tersebut. Museum harus memiliki pendanaan mandiri. Meski tentu saja dukungan besar dari pemerintah masih harus ada dan dibutuhkan. Tarif adalah salah satu saja dari progress menuju museum yang mandiri," ungkapnya.

Diketahui halaman museum kerap kali dijadikan ruang kreatif bagi masyarakat setempat. Ubai pun belum bisa memastikan wacana ini akan berdampak pada pemanfaatan halaman museum.

"Belum tahu untuk sewa tempat dan pemanfaatan ruang publik lainnya. Kalau pun jadi fokusnya pertama ya tarif untuk masuk museum dulu," pungkasnya.



Simak Video "Melihat Benda Bersejarah Islam Lewat Seni di Museum of Islamic Art"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA