Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Agu 2022 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Info Penting! 5 Puncak Terlarang untuk Kibarkan Merah Putih

tim detikJateng
detikTravel
Puncak Gunung Rinjani Lombok dari Bukit Pergasingan Sembalun Lombok Timur, NTB.
Puncak Gunung Rinjani ( Ahmad Viqi/detik Bali)

4. Gunung Merapi (Siaga atau Level III)

Gunung Merapi berada di wilayah Sleman (DIY), Magelang, Boyolali, dan Klaten (Jawa Tengah). Info pendakian 17 Agustus yang keempat ialah 4 rekomendasi dari Magma Indonesia berkaitan dengan aktivitas Gunung Merapi terakhir pada Senin (8/8/2022) pukul 00.00-06.00 WIB.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

- Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.

- Masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar G. Merapi.

- Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali.

5. Gunung Sinabung (Waspada atau Level II)

Gunung Sinabung berada di wilayah di Karo, Sumatra Utara. Info pendakian 17 Agustus yang kelima ialah 3 rekomendasi dari Magma Indonesia berkaitan dengan aktivitas Gunung Sinabung terakhir pada Minggu (7/8/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

- Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius 4.5 km untuk sektoral selatan-timur.

- Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

- Pemerintah Daerah Kabupaten Karo agar senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau Pos Pengamatan Gunung api Sinabung.

---

Artikel ini telah tayang di detikJateng.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA