Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 13:04 WIB

TRAVEL NEWS

Nekat Kemah di Kutub Utara, Wanita Ini Dicakar Beruang

bonauli
detikTravel
Ibu kota beruang kutub di Churchill, Kanada
Ilustrasi beruang kutub (CNN)
Svalbard -

Kutub Utara jadi rumah bagi para beruang kutub. Sialnya, turis ini berpapasan dengan seekor beruang kutub. Sebuah rombongan wisatawan yang berjumlah 25 orang datang ke Svalbard, Kutub Utara. Mereka datang dari berbagai macam negara, salah satunya Prancis.

Dilansir dari News Sky, Rabu (10/8/2022) turis wanita yang tak disebutkan namanya ini berkemah bersama rombongan di berkemah di Sveasletta, bagian tengah kepulauan Svalbard.


Perkemahan ini terletak di seberang fjord dari Longyearbyen, pemukiman utama di sana. Tapi jangan bayangkan pemukiman padat seperti di sini, karena meski bertetangga namun jarak rumah di sana jauh-jauhan.

Saat sedang berkemah, turis Prancis ini bertemu dengan beruang kutub. Mereka sama-sama kaget dan beruang jadi makin agresif.

Dalam satu gerakan, cakar sang beruang sudah sampai di lengan turis ini. Turis ini pun terluka.

Petugas perkemahan pun segera memberikan pertolongan. Sebuah tembakan meletus mengenai beruang. Si beruang kabur dan melepaskan sang turis. Turis itu segera dilarikan ke rumah sakit dengan menggunakan helikopter.

"Wanita Prancis itu menderita luka di lengan. Tembakan dilepaskan ke beruang kutub, yang ketakutan menjauh dari daerah itu," ucap kepala pengawas Stein Olav Bredli.

Menurut laporan, luka turis itu tidak parah. Namun beruang kutub tersebut sebaliknya. "Hewan itu terluka parah karena tembakan, sehingga diputuskan untuk melakukan suntik mati," ucapnya.

Ini bukanlah kejadian pertama, pada tahun 2015 seekor beruang kutub menyeret seorang turis Ceko keluar dari tendanya saat dia berkemah dengan beberapa orang lainnya di utara Longyearbyen. Beruang mencakar punggungnya sebelum diusir oleh tembakan. Pihak berwenang akhirnya memutuskan untuk membunuh beruang itu.

Dari data yang tercatat pada tahun 1970-an, serangan berujung kematian dari beruang kutub di Svalbard hanya tercatat 5 kali sampai saat ini.

Ini memunculkan perdebatan tentang izin perkemahan di luar ruangan Svalbard. Namun sulit untuk menentukan ujung dari masalah ini.

Svalbard merupakan rumah bagi lebih dari 2.500 orang, beberapa penduduknya telah menyerukan penjagaan beruang kutub sepanjang waktu. Sementara yang lain berpendapat bahwa semua beruang kutub yang mendekati manusia harus dibunuh.

Padahal ini sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup beruang kutub. Sekitar 14 beruang kutub ditembak dari 2009 hingga 2019, lapor penyiar Norwegia NRK. Kini hanya sekitar 20.000-25.000 beruang kutub yang diperkirakan hidup di Kutub Utara.



Simak Video "Rekor! Suhu Arktik Mencapai 38 Derajat Celcius"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA