Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 11:13 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Depok Semringah Lihat Situ Rawa Kalong yang Tak Kumuh Lagi

Syanti Mustika
detikTravel
Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah meresmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Namun saat ini jembatan atau panggung apung di situ tersebut digembok.
Foto: Rengga Sencaya
Depok -

Situ Rawa Kalong bersolek menjadi lebih indah dan baru diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Wajah baru ini membawa kebahagiaan dan harapan bagi warga Depok.

Situ Rawa Kalong berada di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Danau ini baru saja diresmikan oleh Gubernur Ridwan Kamil. Peresmian semakin ramai karena kehadiran Bonge Cs di sana.

Setelah peresmian, danau ini jadi spot wisata bagi warga sekitar. Saat sore hari ramai warga yang bersepeda dan lari di pinggir danau. Juga walau akses menuju jembatan apung masih dikunci, pengunjung yang datang masih ada ke danau ini.

Setu Rawa KalongAlex, warga yang tinggal di sekitar Setu Rawa Kalong Foto: (Syanti/detikcom)

Wajah baru danau ini ternyata membawa kesenangan tersendiri bagi warga sekitar. Dulu kawasan danau sangat tidak terawat berubah menjadi danau yang cantik.

"Kalau saya sebagai warga senang ya karena tadinya tempat ini terlalu kumuh banget, tidak terpelihara, terus semak di mana-mana. Yang kita takutkan adalah ada hewan buas yang nantinya bisa masuk ke pemukiman warga. Setelah diresmikan oleh Bapak Gubernur dan danau ini menjadi tempat wisata. Jadi kalau setiap pagi Sabtu-Minggu itu banyak permainan anak, juga tempat anak muda nongkrong. Karena saya punya hobi mancing saya lebih nyaman dengan danau yang sekarang," ujar Alex, warga sekitar yang bertemu dengan detikcom di Situ Rawa Kalong.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah meresmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Namun saat ini jembatan atau panggung apung di situ tersebut digembok.Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah meresmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Namun saat ini jembatan atau panggung apung di situ tersebut digembok. Foto: Rengga Sencaya

Alex pun tidak bermasalah dengan akses ke jembatan apung yang masih dikunci semenjak diresmikan. Dia berpikiran tentang alasan keselamatan.

"Sepertinya sekarang ditutup bisa jadi pertimbangannya itu karena belum ada pengelola khusus yang menjaga kalau nanti ada orang yang masuk ke sana (jembatan apung) lebih dari 30 orang. Jadi bagi saya tidak ada masalah jadi jika memang belum ada pengelola ya seharusnya ditutup karena ini demi keamanan. Urusannya dengan nyawa karena Danau ini lumayan dalam,"

"Jadi kasihan yang membawa anak-anak, malah risikonya lebih tinggi. Terkecuali sudah ada pengelola di sana kan ada dua pintu kalau ada yang jagain di sana memastikan tidak lebih dari 30 orang yang naik. Cuman belum ada yang ditunjuk untuk mengelola," kata Alex.

Setu Rawa KalongBeberapa warga memancing di Setu Rawa Kalong Foto: (Syanti/detikcom)

Sebagai warga, Alex pun punya masukan untuk pemerintah Depok mengenai fasilitas danau. Dia mengusulkan adanya permainan air dan tenant-tenant di dalam kawasan danau untuk mempermudah wisatawan.

"Misalnya kalau di jembatan itu memang ada kapasitas, mungkin bisa ditambah sarana-sarana yang bisa mengalihkan warga seperti bebek air atau tempat jajanan. Jadi pengunjungnya tidak perlu jauh ke depan untuk membeli makanan. Jadi kalau bisa ada kios-kios yang disediakan untuk para wisatawan jadi biar lebih tertata juga," tambah Alex.

Situ Rawa Kalong dipercantik dengan anggaran yang cukup besar Rp 21 miliar. Di sini ada gedung aula, floating deck, vertical garden dan fasilitas lainnya.



Simak Video "PKS Tepis PDIP: Kerukunan Beragama di Depok Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA