Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 13:14 WIB

TRAVEL NEWS

Paus Beluga yang Nyasar di Sungai Seine Itu Akhirnya Disuntik Mati

Firefighters and members of a search and rescue team pull up a net as they rescue a Beluga whale which strayed into the Frances Seine river, near the Notre-Dame-de-la-Garenne lock in Saint-Pierre-la-Garenne, France, August 10, 2022. REUTERS/Benoit Tessier
Foto: Paus Beluga di sungai Seine (REUTERS/BENOIT TESSIER)
Paris -

Seekor paus beluga yang tersesat hingga ke Sungai Seine akhirnya disuntik mati alias di-euthanasia. Keputusan itu terpaksa diambil tim dokter penyelamat.

Beberapa waktu sempat viral kabar seekor paus beluga yang tersesat masuk ke Sungai Seine. Paus itu pun jadi selebritis lokal. Banyak warga Prancis dan turis berbondong-bondong pergi ke Sungai Seine hanya untuk melihat paus bernasib malang itu.

Namun karena Sungai Seine yang notabene berair tawar bukanlah habitat asli bagi Paus Beluga yang hidup di laut, maka tim penyelamat takut paus itu mengalami masalah kesehatan serius.

Benar saja. Apa yang ditakutkan tim penyelamat ternyata betulan terjadi. Paus Beluga itu diduga mengalami beberapa komplikasi. Paus itu harus segera dipindahkan dari sungai menuju ke pelabuhan di Normandy untuk kemudian dikembalikan ke laut lepas.

Para pekerja konservasi dan juga tim dokter hewan memulai misi penyelamatan Paus Beluga itu. Kurang lebih 80 orang terlibat dalam tim penyelamat itu. Pada Selasa (9/8) malam, mereka berhasil memindahkan sang paus beluga dari Saint Pierre-la-Garenne di sebelah barat Paris menempuh perjalanan 160 kilometer ke pelabuhan di Ousitreham.

Namun di sepanjang perjalanan, paus beluga itu mengalami gangguan pernafasan. Kondisinya kesehatannya memburuk setelah berhari-hari tinggal di sungai tanpa makanan.

"Selama perjalanan, dokter mengonfirmasi kondisinya memburuk, terutama di sistem pernafasannya. Di saat yang bersamaan, paus itu kesakitan dan tidak bisa bernafas normal," ujar Florence Ollivet Courtois, dokter hewan yang terlibat dalam misi penyelamatan itu, seperti dikutip dari AP, Jumat (12/8/2022).

"Hewan itu jelas menderita, jadi penting bagi kami untuk melepas penderitaan itu, jadi kami terpaksa harus menyuntik mati paus itu," imbuhnya.

Paus Beluga sepanjang 4 meter itu akhirnya menemui ajalnya. Tim penyelamat menyadari resiko itu pasti ada. Namun mereka juga tidak punya pilihan lain karena paus beluga itu juga tidak bisa bertahan lebih lama lagi di Sungai Seine yang berair tawar.

Ini bukan kali pertama ada paus yang tersesat dan masuk ke Sungai Seine. Di bulan Mei 2022, ada seekor paus orca yang juga tak sengaja masuk ke sungai Seine. Nasib sang paus orca juga sama, dia mati karena tidak bisa kembali ke lautan.



Simak Video "Penampakan Ratusan Paus Terdampar di Pantai Barat Tasmania"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA