Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 21:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Sekolah Pangkas Rambut di Garut, Dijamin 100% Dapat Kerja!

Barber School Abah Atrox
Barber School Abah Atrox Garut (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Garut -

Rata-rata, laki-laki akan memangkas rambutnya dalam tiga minggu. Berdasar itulah kini begitu banyak bermunculan barbershop. Di Garut bahkan ada sekolahnya!

Perhitungan itu diutarakan oleh Rijal Fadhilah. Ia adalah pengelola LPK Barber School Abah Atrox yang berada di Jalan Adiwinata, Kampung Peundeuy, Desa Banyuresmi, Garut.

"Sekolah pangkas rambut ini dimulai dari satu murid, Rp 500 ribu sampai 30 hari. Dikasih model setelah 4-6 hari, mereka berasal dari teman atau tetangga, dirayu dikasih makan atau rokok kopi karena cukur untuk model bisa sampai satu jam," kata Rijal.

Saat ini ada 12 pelajar di sana dan lembaga itu sudah menelurkan 36 angkatan dengan keseluruhan siswa sampai 500 orang. Mereka yang berasal dari luar Jawa akan disediakan mess.

"Sekolah cukur ini didirikan pada tahun 2016. Ini tempat pelatihan pangkas atau seniman rambut, mulai dari nol sampai mahir dilakukan di sini," kata dia.

"Lulusannya ditempatkan di tempat-tempat pemangkas rambut seluruh Indonesia. Mereka diarahkan dan ditempatkan, jadi setelah lulus tidak dibiarkan dan peluang kerjanya 100% langsung kerja," terang Rijal.

Barber School Abah AtroxBarber School Abah Atrox (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Menyambung obrolan di atas, Ketua Asgar Indonesia Irawan Hidayah, menyebut bahwa tiap pelajar yang sudah melalui pelatihan akan mendapat sertifikat. Itu jadi bukti bahwa siswa tersebut telah belajar di LPK Barber School Abah Atrox Garut dan direkomendasikan ke pangkas rambut atau barbeshop.

Perilaku baik juga menjadi salah satu syarat lulus

Lalu apa syarat kelulusan dari sekolah pangkas rambut ini? Tidak hanya mahir, pelajar pangkas rambut juga dituntut memiliki perilaku dan melayani dengan lemah lembut.

"Penilaian itu dari pengajar dari mentor yang nantinya menilai sudah layak atau tidak dari siswa tersebut dan bisa bekerja. Karena ada tahapan-tahapan mulai dari dasar/pemula sampai yang mahir," kata Irawan.

"Proses itu harus dimulai dari pendidikan praktik dan teori, juga attitude serta keagamaan juga diajarkan di sini. Semua agama ada, tapi kebanyakan sekarang muslim, ada juga yang non muslim," terang dia.

Barber School Abah AtroxBarber School Abah Atrox (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Murid sekolah pangkas rambut Barber School Abah Atrox berasal dari Sumatera, Kalimantan, dan di Pulau Jawa sendiri dari Banten hingga Indramayu. Lalu, apakah esensi Asgar (asli Garut) memudar?

"Jadi sebenarnya Asgar itu para pemangkas yang berasal dari Garut ya. Tapi karena sekolah cukur ini juga tidak eksklusif yang hanya menerima siswa dari sini. Tetapi ilmu yang diajarkan adalah ilmunya Asgar. Bukan ilmu tempat mereka berasal," terang Irawan.

"Jadi di mana mereka bekerja dan asalnya, mereka membawa ilmunya dalam bekerja," kata dia.

Pelajang pangkas rambut Barber School Abah Atrox akan digembleng minimal satu bulan dan maksimal tiga bulan. Kisaran biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp 3-4 juta.



Simak Video "Bisnis Tahan Banting, Barbershop Asgar"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA