Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 15 Agu 2022 07:57 WIB

TRAVEL NEWS

#SerunyaIndonesia, Cara Kampanye Wisata Ala TikTok di HUT RI ke-77

bonauli
detikTravel
Lomba 17-an TikTok di Bali
Foto: Keseruan Tiktokers di Bali (Bonauli/detikTravel)
Canggu -

TikTok kampanye wisata khusus Hari Kemerdekaan Indonesia. Bergandengan dengan Kemenparekraf, TikTok ajak netizen jalan-jalan virtual.

detikTravel diundang oleh TikTok untuk merayakan HUT RI ke-77 dengan program Jelajah #SerunyaIndonesia dan melakukan perjalanan ke 77 destinasi wisata di 17 wilayah Indonesia. Bali jadi perhentian terakhir dengan acara workshop.

Mahwari Sadewa Jalutama, Country Head of Operation TikTok Indonesia, hadir dalam acara tersebut. Dirinya menjelaskan bahwa #SerunyaIndonesia adalah salah satu rangkaian ulang tahun Indonesia ke-77 yang dilakukan oleh TikTok.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif adalah industri yang paling terdampak saat pandemi. Jadi kita selaraskan dengan Kemenparekraf," kata dia kepada wartawan di Restoran Nori Canggu.

Selama 17 hari, empat konten kreator menjelajahi 77 destinasi wisata, di antaranya adalah destinasi super prioritas yaitu Danau Toba dan Likupang.

"Pemilihan destinasi ini didasarkan dengan kelayakan infrastruktur dan sinyal.Potensinya luas, makanan, alam dan pemandangan menarik serta lengkap. Likupang punya underwater yang bagus," kata dia.

Mahwari Sadewa Jalutama, Country Head of Operation TikTok IndonesiaMahwari Sadewa Jalutama, Country Head of Operation TikTok Indonesia Foto: Bonauli/detikTravel

Selama berada di destinasi wisata, para konten kreator akan live streaming sambil memperkenalkan keindahan Indonesia. Konsep jalan-jalan virtual dirasa tepat dengan era pasca pandemi.

"Dengan livestreaming, masyarakat bisa melihat langsung keadaan destinasi wisata dan berinteraksi dengan konten kreator secara real. Misalnya bertanya tempatnya di mana dan ngobrol langsung dengan pelaku usaha di sana," kata dia.

Tama, panggilan akrabnya juga mengatakan bahwa TikTok memiliki dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat. Contohnya saja Citayam Fashion Week, konten ini viral karena diunggah di TikTok.

"Kita punya kemampuan untuk membuat orang-orang untuk datang. Kita coba format baru dengan live streaming ini. Kita berharap ke depannya pariwisata kita berdampak karena kampanye tersebut," katanya.



Simak Video "Intip Keseruan Festival 'Serunya Indonesia' dari TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA