Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 07:43 WIB

TRAVEL NEWS

Erick Thohir Mau Bikin Pasar Kopi di Belanda, Pasarkan Kopi Indonesia

ilustrasi biji kopi
Foto: Ilustrasi kopi (Thinkstock)
Jakarta -

Roemah Indonesia BV didukung PMO Kopi Nusantara akan menyelenggarakan Pasar Kopi di Belanda dengan tema 'Indonesian Coffee Market; Coffee Revolution'

Secara unik, acara besar yang digelar pada 1-7 September 2022 ini akan membawa pengunjung mengenal perjalanan kopi Indonesia, mulai dari menyaksikan pameran sejarah produksi kopi, serta berbagai jenis kopi dan produk turunannya, sambil juga mencoba beragam kopi asli hasil perkebunan Indonesia.

Tujuannya adalah mengangkat posisi Indonesia agar menjadi aktor penting dalam rantai suplai perdagangan kopi Indonesia di tingkat internasional. Selain mengupayakan pemasaran kopi dengan nilai tambah yang lebih baik agar penjualan ekspor meningkat secara signifikan.

Pada pameran ini keragaman dan kesinambungan kopi terhadap alam serta keberlanjutannya di masa depan juga dinarasikan dengan baik. Pameran akan digelar di Posthoornkerk, Amsterdam.

Menteri BUMN Erick Thohir dijadwalkan hadir dan secara resmi membuka pameran Pasar Kopi, yang dimeriahkan dengan paparan Amir Sidharta dan Boni Triyana sebagai kurator dan desainer pameran sejarah kopi Indonesia pertama di dunia ini.

Selain talk-show bersama para tokoh kopi ternama dunia, para pecinta kopi juga dapat menyaksikan secara langsung sesi coffee cupping dan coffee pairing, serta menikmati kopi khas Indonesia pada area unlimited brewing session.

Dalam 10 tahun terakhir, industri kopi Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan yaitu sebesar 250%. Kini Indonesia menempati urutan keempat dalam jumlah kopi yang dihasilkan, dan komoditas unggulan ini menjadi penghasil devisa terbesar ketiga setelah kelapa sawit dan karet.

"Pelaksanaan Pasar Kopi di Amsterdam diharapkan dapat mempertemukan konsumen mancanegara, khususnya Uni Eropa, dalam menikmati ragam kopi dari Indonesia. Kami juga berharap terjadinya business expansion yang lebih luas, sehingga Indonesia dapat menjadi eksportir utama produk kopi olahan untuk pasar dunia," kata Suryo Tutuko, CEO Roemah Indonesia BV.

Roemah Indonesia BV sejak awal dirancang sebagai tempat produk-produk unggulan Indonesia untuk menembus pasar dunia. Gelaran Pasar Kopi ini bisa menjadi titik kontak yang ideal bagi para petani dan pelaku usaha kopi Indonesia untuk berkiprah di Eropa. Hal serupa juga disampaikan oleh Tenaga Ahli Menteri BUMN Bidang Global Value Chains, Reynaldi Istanto.

"Uni Eropa tercatat sebagai konsumen kopi dunia terbesar, mencapai 2,4 juta ton per tahun atau 24% dari total konsumsi kopi dunia. Momen Pasar Kopi di Amsterdam ini menjadi langkah dan komitmen bersama bagi BUMN untuk meningkatkan partisipasi Indonesia dalam pasar internasional sebagai global leader. Harapannya ada multiplier effect terhadap kesejahteraan petani karena meningkatnya produktivitas dan kualitas kopi Indonesia seperti tujuan utama yang selalu ditegaskan oleh Menteri BUMN," ujar Reynaldi.

Selanjutnya: Erick Thohir Gagas PMO Kopi Nusantara

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA