Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 16:11 WIB

TRAVEL NEWS

Tampil Cerah, Sandiaga Kenakan Pakaian Adat Sulawesi Tengah

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Sandiaga Uno Kenakan Baju Khas Sulawesi Tengah di Pulau Untung Jawa
Sandiaga Uno rayakan kemerdekaan di Pulau Untung Jawa. Foto: Yasmin Nurfadila/detikTravel
Jakarta -

Hari kemerdekaan erat nuansanya dengan beragam pakaian adat. Tahun ini, Menparekraf Sandiaga Uno mengenakan pakaian khas Sulawesi Tengah.

Tahun ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Pulau Untung Jawa. Sesuai dengan instruksi presiden yang meminta jajaran kementerian untuk merayakan kemerdekaan di lokasi kerja mereka.

Pada Rabu (17/8/2022) sekitar pukul 09.15 WIB, Sandiaga bersama rombongan serta sang anak tiba di dermaga Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Ia tampil cerah dengan menggunakan pakaian khas Sulawesi Tengah.

"Hari ini saya menggunakan (pakaian) mewakili dari provinsi Sulawesi Tengah. Ini adalah baju khas Sulawesi Tengah," kata Sandiaga kepada media di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Amiterdam Pulau Untung Jawa, Rabu (17/8/2022).

Baju khas Sulawesi Tengah yang ia kenakan berwarna hijau pada bagian atasan dan kuning pada bagian penutup kepala dan kain. Sandi mengungkapkan bahwa warna yang ia gunakan memiliki makna tersendiri.

"Dipilih warna hijau yang menunjukkan transisi ekonomi kita menuju ekonomi hijau dan warna kuning khas Betawi yang melambangkan keceriaan dan cerahnya masa depan Kepulauan Seribu dan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia," ujarnya.

Selain untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan, Sandi juga mengenakan pakaian ini sebagai bentuk representasi Indonesia Timur. Sesuai dengan tanah kelahiran ayahnya yang berasal dari Sulawesi.

"Dan ini juga mewakili Indonesia Timur sebagai tanah kelahiran dari ayah yang memang kelahiran dari Sulawesi," kata Sandiaga.

Pada perayaan kemerdekaan di Untung Jawa ini, tak hanya Sandi yang mengenakan pakaian adat. Para pemangku kebijakan lain seperti Bupati Kepulauan Seribu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu, dan yang lainnya juga ikut memeriahkan perayaan dengan mengenakan baju adat.

Salah satu pakaian yang paling menarik perhatian adalah baju adat yang digunakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu. Ia mengenakan pakaian adat dari Papua.

"Saya mewakili saudara-saudara kita di Papua," kata Vinsen.

Sandiaga juga menambahkan bahwa Deputi Vinsen ini memenangkan lomba kostum terbaik yang diadakan oleh Kemenparekraf. Penghargaan kostum terbaik ini diadakan untuk memberikan apresiasi kepada kostum-kostum tradisional Indonesia yang sangat beragam.

"Pak Deputi Vinsensius Jemadu berasal dari NTT, khususnya di Pulau Flores, Manggarai, Labuan Bajo. Tapi beliau hari ini memenangkan lomba kostum terbaik di Kemenparekraf, sebagai bagian dari penghargaan kita kepada kostum-kostum tradisional yang kita ingin angkat sebagai kearifan lokal dan produk-produk ekonomi kreatif kita," kata Sandiaga.



Simak Video "Lahir di 17 Agustus. 16 Bayi Ini Diberi Pernak-pernik Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA