Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 22:08 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Pulau Untung Jawa 17-an Bareng Sandiaga Uno

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Sandiaga Uno Rayakan Kemerdekaan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.
Sandiaga Uno Rayakan Kemerdekaan di Pulau Untung Jawa. Foto: (Yasmin Nurfadila/detikTravel)
Jakarta -

Ada yang spesial dari perayaan kemerdekaan di Pulau Untung Jawa. Tahun ini warga tak merayakan sendiri, Bupati hingga Menparekraf ikut menghadiri.

Sesuai dengan arahan presiden, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merayakan kemerdekaan di salah satu lokasi kerja kementerian. Ia memilih Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu karena lokasinya yang dekat serta Kepulauan Seribu baru saja masuk ke dalam proyek strategis nasional.

Sandiaga Uno beserta Bupati Kepulauan Seribu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu, serta Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf memperingati kemerdekaan dengan menyaksikan upacara bendera yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka bersama-sama di Pulau Untung Jawa.

Tak hanya menyaksikan upacara dan detik-detik proklamasi, Sandiaga juga ikut menyemarakkan perlombaan yang diadakan di Pantai Sakura. Beberapa lomba yang sempat dikomandoi oleh Sandiaga adalah lomba makan kerupuk, lomba mengeluarkan bola, serta lomba joget balon.

Menurut Sandi, perlombaan yang selalu diadakan untuk memperingati kemerdekaan ini perlu terus didukung. Karena merupakan salah satu tradisi khas yang sudah sepatutnya diapresiasi.

"Budaya-budaya kearifan lokal, lomba-lomba ini yang memang menjadi tradisi kita merayakan hari kemerdekaan kita," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa dukungan untuk kegiatan-kegiatan lomba ini juga tidak hanya untuk mendorong semangat kebangkitan pasca pandemi. Namun juga sebagai bentuk apresiasi terhadap produk-produk ekonomi kreatif dan kearifan lokal.

"Yang kita harapkan bukan hanya untuk mendorong semangat daripada kita untuk pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, tapi juga memberikan apresiasi pada produk-produk ekonomi kreatif kita. Lomba ini sesuai dengan semangat kita, tapi juga kearifan lokal," kata Sandiaga.

Sandiaga Uno Rayakan Kemerdekaan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.Sandiaga Uno Rayakan Kemerdekaan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Foto: (Yasmin Nurfadila/detikTravel)

Saat Sandi mengunjungi lokasi perlombaan, masyarakat setempat mulai dari warga dewasa hingga anak-anak tampak antusias menyambut kedatangan Mas Menteri ini. Semua tak mau kalah ingin melihat dari dekat dan mengabadikan momen bersama Sandiaga.

Di perjalanan pulang, para ibu-ibu bahkan menyerbu Sandiaga untuk berfoto bersama. Tampak para ibu-ibu tersebut sangat senang dengan kedatangan Sandiaga. Di sisi lain, Sandiaga pun terlihat dengan senang hati melayani permintaan para warga Untung Jawa.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA