Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 22 Agu 2022 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Pantai Penuh Sampah Tiap Akhir Pekan, Warlok Tuntut Turis Bayar Pajak

Femi Diah
detikTravel
Pantai di Bournemouth, Dorset, Inggris
Pantai di Bournemouth, Dorset, Inggris (Getty Images/iStockphoto/Thomas Faull)
Bournemouth -

Penduduk Bournemouth kesal dengan pantai yang penuh sampah di setiap akhir pekan. Warga pun menuntut adanya pajak turis.

Setiap akhir pekan, warga Bournemouth resah melihat banyaknya barbekyu sekali pakai di pasir dan botol bir serta sampah lainnya di pantai. Mereka pun mengajukan petisi online agar turis dikenai pajak.

Dalam petisi yang mereka bikin, pajak turis itu diminta untuk diterapkan di kawasan Bournemouth, Christchurch, dan Poole. Salah satu warga lokal Lake Maris mengatakan pajak itu tidak berlaku untuk penduduk setempat atau keluarga yang berkunjung yang tinggal di daerah.

"Setiap tahun, terutama setelah lockdown karena Covid-19, pantai semakin dikotori oleh banyak sampah," kata Lake seperti dikutip Mirror.

"Ini kebanyakan dilakukan oleh wisatawan luar yang melakukan perjalanan berjam-jam dari tempat yang jauh untuk menghabiskan satu atau dua hari di pantai terindah kami. Saya menyerukan agar dewan memperkenalkan pajak pariwisata kepada siapa saja yang memasuki area Bournemouth, Christchurch, dan Poole dan tidak buat warga lokal atau memiliki koneksi ke daerah tersebut," Lake menambahkan.

"Aturan itu harus diterapkan selama musim panas dan pada jarak tertentu dari tepi laut. Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan sistem pengenalan plat nomor dan izin dapat dikelola secara online dan diberikan kepada anggota keluarga yang datang berkunjung atau semacamnya," dia menambahkan.

Lake menambahkan bahwa uang yang terkumpul dari skema tersebut dapat digunakan untuk kas daerah itu. Selain itu, juga bisa digunakan sebagai dana kebersihan pantai setiap tahunnya.

Sejauh ini, petisi tersebut hanya mendapatkan sedikit tanda tangan, tetapi pajak turis serupa diberlakukan di banyak negara Eropa. Sejumlah anggota dewan mengatakan bahwa menurut mereka pajak tersebut layak untuk dipertimbangkan.

Namun, Anggota Dewan Beverley Dunlop mengatakan bahwa menjaga pantai seharusnya tidak menjadi tanggungan lebih bagi wajib pajak. Dia mengatakan semua biaya kebersihan pantai bisa diambil dari tiket masuk pantai yang jutaan pound sterling setiap tahunnya.

Dunlop mengatakan pajak kemungkinan akan menghalangi wisatawan dan membahayakan industri pariwisata Bournemouth.



Simak Video "Lautan Sampah Berserakan di Pantai Banyubiru Usik Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA