Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 22 Agu 2022 13:04 WIB

TRAVEL NEWS

Garut Kota Cokelat Indonesia, Ada Pabrik dan Museum Lho

Cokelat dodol Garut
Cokelat Garut (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Garut -

Cokelat dikatakan sudah menjadi komoditi internasional sejak zaman penjajahan dengan Indonesia jadi salah satu penghasilnya. Dan, Indonesia timur adalah penghasil cokelat itu.

Namun, komoditi itu tidak diolah di sana karena ada yang diekspor ke luar negeri dan diolah di negeri tersebut. Sedang di Indonesia, menurut penuturan pegawai dari Chocodot Garut, memang benar pebisnis tidak membuat olahan cokelat di mana pohonnya tumbuh.

Tim detikcom mendapat penjelasan itu dari Chocodot Garut di bawah naungan PT Tama Cokelat Indonesia. Di sisi lain, perkebunan cokelat di Garut tidaklah luas dan mereka tidak bisa mencukupi kebutuhan cokelat di dalam negeri.

"Yang pasti gini, pemain cokelat itu sedikit tapi pengolah cokelat itu banyak. Pemain cokelat yang dari bean sampai dengan bar, sampai bahan baku lagi itu masih sedikit pemainnya," kata Edwin Rinaldi bagian general affair kepada tim detikcom awal Agustus 2022 lalu.

"Di sini Chocodot mengolah bar to bar. Artinya dari bahan baku itu kita modifikasi, inovasi, sampai produk jadi. Bean to powder kan bisa, tapi itu investasinya besar. Di Sulawesi tempatnya kakao," imbuh dia.

Seperti diketahui, Garut memang kotanya cokelat di Indonesia. Di sana ada pemain besar dalam pengolahan makanan yang disukai semua orang itu, yakni pabrik penghasil Ceres dan Silverqueen.

Sebagai tambahan, Chocodot Garut saat ini memproduksi cokelat hanya manual saja. Produksi mereka melambat hingga terlihat memasuki masa senja karena penjualan lesu selama dua tahun akibat aktivitas pariwisata menurun.

"Kita masih manual dalam pembuatan dengan bahan baku ada yang dari Indonesia. Pengolahan cokelat saja," kata Edwin.

Di Garut Chocodot juga punya museum khusus mengenai cokelat yakni Chocodot World yang berlokasi di jalan raya Kubang No. 100. Di museum cokelat ini ada berbagai wahana yang berhubungan dengan cokelat.



Simak Video "BPBD Pastikan Tak Ada Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA