Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 23 Agu 2022 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Bule Happy Beli Mangga Terenak Rp 15 Ribu di Bali, Netizen Ribut Kemahalan

Putu Intan
detikTravel
buah mangga
Ilustrasi buah mangga. Foto: iStock
Jakarta -

Seorang turis asal Jerman membagikan pengalamannya membeli sebuah mangga di Bali. Dengan harga Rp 15 ribu, ia mengaku menikmati mangga terenak.

Melalui akun Tiktok @timo.travel, turis yang akrab disapa Timo itu membuat beberapa video yang memperlihatkan momen liburannya di Bali. Mulai dari melihat upacara Ngaben, mencukur rambut di salon lokal, jalan-jalan di pasar ikan, sampai membeli buah mangga.

Videonya membeli mangga memiliki jumlah penonton paling banyak. Sampai Senin (22/8/2022) siang, video itu sudah ditonton 3,2 juta kali.

Di awal video, Timo mengatakan bahwa ini adalah mangga terenak yang pernah ia makan. Timo sendiri terlihat mendatangi sebuah kios buah dan hendak membeli sebuah mangga jenis harum manis.

Ia bertanya apakah mangga itu dapat dikupaskan untuknya. Pedagang itu menyanggupi permintaan Timo.

Pada video itu juga terlihat pedagang membantu Timo memilih mangga yang matang. "Apakah ini matang?" tanya Timo. "Ini bagus, berwarna kuning," pedagang tersebut menjawab.

Kemudian pedagang itu menimbang mangga dan mengatakan harganya Rp 15 ribu atau sekitar 1 Euro. Timo langsung mengiyakan lalu mangga itu dikupaskan sesuai permintaannya.

Ketika pedagang itu mengupas mangga, Timo sempat bertanya asal mangga tersebut. Pedagang menjawab, mangga ini berasal dari Buleleng, Bali.

"Musim mangga sudah selesai. Jadi, agak mahal," ujar pedagang itu.

Video dilanjutkan ke bagian berikutnya. Pedagang masih menjelaskan soal musim mangga yang belum datang.

"(Musim mangga) sekitar dua bulan lagi. Sekarang sedang hujan. Ini bukan musim yang bagus untuk mangga," sambungnya.

[Gambas:Instagram]




Mangga itu tidak hanya dikupaskan untuk Timo tetapi juga dipotong kotak-kotak dan dimasukkan ke wadah plastik.Tak sampai di situ, pedagang juga minta bantuan pedagang lain untuk membuatkan semacam tusukan dari kayu agar Timo dapat menyantap mangga tersebut. Video diakhiri dengan transaksi Rp 15 ribu dari Timo kepada pedagang mangga itu.

Perkara harga sebuah mangga Rp 15 ribu, warganet Tiktok memberikan komentar beragam. Ada yang menilai harga itu wajar saja.

"mangga kaya gitu emng jarang ada yang asem terus daging buah nya tebel, ya wajar kalo 1 nya 15k kan lagi ga musim," kata salah satu akun.

"Saya tinggal di bali, dan emng skrng bukan lg musim mangga, jadi mangga 1 kg bisa sampai hampir 30rb. Dan 1 kg itu cuma dapat 2 buah😁," ujar yang lain.

"Beli arum manis di mall aja 1nya 23 rb woy. Yang bilang 15 mahal siapaaaaa," komentar yang lain.

Sementara yang lain mengatakan harga itu terlalu mahal.

"Mahal bener," tulis salah satu akun.

"mahal amat njir disini sekilo 30k," komentar yang lain.

"Bapak mertua kalo lagi panen dijual 1kg 5000 aja udah bersyukur bgt 😭 ini 15k bisaa kaya bgt," kata netizen.

Sementara itu dari penelusuran harga mangga yang dijual secara online, umumnya harga harum manis dijual Rp 35.000-50.000 per kilogramnya. Sedangkan untuk harga satuannya berkisar Rp 19.000-25.000.

Jadi menurut traveler, apakah harga sebuah mangga ini wajar atau terlalu mahal?



Simak Video "Mengenal Situs To' Pao yang Jadi Saksi Sejarah Mamasa"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA