Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 23 Agu 2022 14:00 WIB

TRAVEL NEWS

Israel Sebut Aparat RI Persulit Evakuasi Pendaki yang Tewas di Rinjani

Proses evakuasi hari pertama pendaki jatuh di puncak Gunung Rinjani, Lombok Timur, NTB, Sabtu (20/8/2022).
Proses evakuasi jenazah di Gunung Rinjani (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Seorang warga kelahiran Israel tewas di Indonesia saat mendaki Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ia bernama Boaz Bar Anan (37) dan merupakan warga Ibu Kota Tel Aviv. Namun dia masuk ke Indonesia menggunakan paspor Portugal.

Mengutip dari media Israel Ynet, Kementerian Luar Negeri Israel telah menerima laporan tersebut dan hingga Minggu (21/8) jenazah Anan dikabarkan masih belum dievakuasi dari tempat kejadian.

"Ada beberapa insiden warga Israel yang pergi ke sejumlah negara menggunakan paspor asing," ucap Kemlu Israel seperti dilansir CNNIndonesia.com.

"Otoritas setempat mempersulit dan hampir tidak mungkin bekerja sama dengan kami dalam penanganan kasusnya," papar Kemlu Israel menambahkan.

Anan jatuh ke lereng gunung hingga150 meter saat mendaki di ketinggian 3.766 meter. Kejadian ini bermula ketika Anan dan dua turis lainnya memulai pendakian mereka bersama dengan pemandu. Anan tengah berswafoto sebelum jatuh dan meninggal dunia.

Di luar klaim dipersulit itu dari Israel, Kasi Operasi dan Siaga Kantor Search and Rescue (SAR) Mataram, Muhdar menyatakan proses evakuasi Anan pada Jumat (19/8/2022) belum berhasil dilakukan karena terkendala jalur dan cuaca.

Dia menyatakan kondisi jalur dan cuaca menjadi penghalang utama. Menurutnya, jalur evakuasi korban cukup sulit ditambah dengan kondisi cuaca di sore hari yang semakin gelap dan suhu yang semakin dingin.

Namun Senin kemarin, jenazah Anan sudah berhasil dievakuasi. Pihak taman nasional (TN) Gunung Rinjani mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan ikut andil dalam proses evakuasi jenazah korban.

"Terima Kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu hingga jenazah korban berhasil dievakuasi," tutup TN Gunung Rinjani.

Anan dalam beberapa waktu terakhir terlihat tengah berada di beberapa tempat wisata di tanah air, seperti Nusa Tenggara Timur, Bali, Jawa Barat dan Jawa Timur.



Simak Video "Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok, Banyak Jalan Pintas Seru"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA