Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 24 Agu 2022 13:43 WIB

TRAVEL NEWS

Simsalabim! Bekas Kantor Kecamatan di Bekasi Disulap Jadi Fasilitas Wisata

Femi Diah
detikTravel
Wilayah Muaragembong seluas 11 ribu hektare, sebelumnya telah ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung, namun berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup nomor 475 Tahun 2005, separuh kawasan yang berada di paling ujung Kabupaten Bekasi tersebut dibuka untuk hutan produksi. Semakin menyusutnya wilayah kawasan konservasi Muaragembong menjadi ancaman terbesar karena banyaknya pembukaan lahan untuk dijadikan tambak hingga mendekati pinggir pantai.
Ilustrasi wsiata Muaragembong (AntaraFoto/Fakhri Hermansyah)
Bekasi -

Bekas Kantor Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, di Desa Pantai Mekar disulap menjadi fasilitas wisata. Itu untuk mengoptimalkan pendapatan dari wisata pesisir.

"Empat bulan kontrak kerja pembangunan, terhitung awal bulan September, semoga akhir tahun ini sudah selesai dan tahun depan sudah bisa dinikmati wisatawan," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, seperti dikutip dari Antara, Rabu (24/8/2022).

Dia mengatakan pekerjaan penataan desa wisata dilakukan oleh rekanan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dengan nilai kontrak sebesar Rp 4.462.865.050 yang bersumber dari dana hibah APBD Jawa Barat 2022.

Di areal seluas 5.700 meter persegi itu rencananya dibangun kompleks plasa pariwisata yang berisi ruang resepsionis, restoran, hingga kios-kios pedagang lokal.

"Kios pedagang ini diperuntukkan bagi para pelaku UMKM setempat. Mereka menjual souvenir dan oleh-oleh khas Muaragembong, seperti makanan olahan mangrove dan olahan hasil tangkapan nelayan," katanya.

Dani meyakini penataan wilayah tersebut berdampak pada kemajuan perekonomian warga sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kawasan hutan bakau serta panorama indah pantai di pesisir Kabupaten Bekasi itu.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata Citra Alam Bahari Desa Pantai Mekar Darmansah Alam mengapresiasi pembangunan fasilitas wisata tersebut.

"Kami mendukung penuh rencana pembangunan tersebut. Mengenai program kerja Pokdarwis Citra Alam Bahari dalam mendukung pembangunan tersebut yaitu terus melakukan edukasi kepada masyarakat kita agar bisa memaksimalkan potensi ekonomi yang ada di wilayah kita, semoga bisa melahirkan para pemuda berjiwa enterpreneur," katanya.

Dia juga mengapresiasi kunjungan Penjabat Bupati Bekasi pada akhir pekan lalu untuk meninjau kesiapan pembangunan sebagai bentuk kepedulian terhadap sektor pariwisata lokal yang berdampak positif pada pertumbuhan perekonomian warga setempat.

"Dengan indahnya potensi pariwisata ini semoga saja kita mampu memberikan nilai ekonomi terhadap masyarakat sekitar," kata dia.



Simak Video "Kopo, Kampung Industri Kerupuk Di Garut Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA