Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 27 Agu 2022 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Tempat Terjorok di Pesawat Bukan Toilet, Tapi di Sini

bonauli
detikTravel
Kantong belakang kursi pesawat
Ilustrasi kantong belakang kursi pesawat (Getty Images/iStockphoto/rarrarorro)
Jakarta -

Serba-serbi penerbangan selalu menarik untuk diulik. Sudah jadi rahasia umum, bahwa pesawat punya sudut-sudut kotor yang jarang dibersihkan.

Seorang pramugari bernama Brenda Orelus yang berbasis di Miami mengungkapkan tempat paling kotor di pesawat. Banyak yang mengira bahwa tempat tersebut adalah toilet, tapi ternyata bukan.

Melalui akun TikToknya yang bernama Flight Bae B, Brenda menyampaikan rahasia dalam penerbangan. Tempat terjorok yang tak pernah dibersihkan adalah kantong di belakang kursi pesawat.

"Tahukah Anda bahwa kantong di bagian belakang kursi adalah permukaan paling kotor di pesawat? Mereka lebih kotor dari toilet, mereka lebih kotor dari bantal kursi dan mereka lebih kotor dari meja nampan," ucapnya dikutip dari New York Post.

Selama bekerja, Brenda melihat ada banyak penumpang yang memasukkan benda-benda non saniter ke dalamnya. Mulai dari makanan hingga popok bekas pakai.

"Kantong kursi tidak pernah dibersihkan. Kecuali seseorang muntah dan ada sesuatu yang lengket atau nanah yang keluar dari sana," jelasnya.

Dirinya mengatakan bahwa biasanya petugas kebersihan akan melakukan pemeriksaan permukaan dan membuang makanan dan sampah apa pun dari sana. Tapi tidak membersihkan kantong tersebut.

"Semua kuman itu telah terakumulasi dan tidak ada perawatan atau pembersihan rutin yang nyata pada permukaan tersebut, sedangkan toilet secara teratur dibersihkan dan disanitasi," ungkapnya.

Video ini pun viral dan direspon oleh netizen.

"Ini sangat benar! Saya pernah melihat orang tua meletakkan popok bekas di saku belakang kursi," tulis mereka.

Tapi pernyataan ini disanggah oleh beberapa akun yang mengaku sebagai petugas kebersihan maskapai.

"Kami sebenarnya memiliki dua tim untuk setiap pesawat. Yang satu mengambil sampah dan menyedot debu, tim lainnya membersihkan satu per satu," kata salah satu petugas kebersihan.

Pembersih lain setuju, mengatakan bahwa kantong akan dibersihkan tergantung pada berapa lama sebelum pesawat harus dikirim lagi.

"Biasanya Anda mendapatkan satu jam 30 menit di pesawat yang lebih besar tetapi untuk yang lebih kecil sekitar 15 hingga 30 menit dengan tim enam orang," lanjutnya

"Anda tidak salah tetapi Anda tidak 100 persen benar. Seharusnya kantong itu dibersihkan tetapi mungkin tim melewatkannya untuk kenyamanan," ucapnya.



Simak Video "Lion Air Group Akui WNI Mabuk di Turkish Airlines Karyawannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA