Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 28 Agu 2022 05:17 WIB

TRAVEL NEWS

Penampakan Gym Mewah Kapal Titanic Sebelum Tenggelam

Putu Intan
detikTravel
UK: RMS Titanic, The Gym, c. 1912. (Photo by: Pictures from History/Universal Images Group via Getty Images)
Gym di kapal Titanic. Foto: Pictures from History/Universal /Pictures from History
Jakarta -

Meski telah tiada, cerita kemegahan Titanic masih menarik diperbincangkan. Termasuk keberadaan gym mewah di kapal itu yang jarang diketahui orang.

Kapal Titanic atau RMS Titanic merupakan kapal pesiar yang mulanya diagungkan karena menerapkan teknologi canggih. Selain itu, Kapal Titanic juga menjadi simbol kemewahan karena fasilitasnya.

Kapal itu berlayar pertama kali pada 10 April 1912 sebelum akhirnya tenggelam usai menabrak gunung es. Riwayatnya singkat namun melihat fasilitas kapalnya mungkin akan membuat traveler takjub.

Penumpang kapal Titanic tentunya bukan kalangan sembarangan. Sudah pasti orang-orang berduit.

Para penumpang kelas satu kapal ini dimanjakan dengan hidangan domba, tiram, hingga es krim Prancis yang berlimpah. Tak cuma disuguhi makanan, bagi yang ingin menjaga kebugaran juga disediakan gym mewah.

Gym ini terletak di bagian Boat Deck, dekat Grand Straircase yang terkenal. Ruangan gym ini dilengkapi beberapa peralatan olahraga mulai dari sepeda statis, alat dayung, samsak, dan angkat beban.

Gym di Kapal TitanicGym di Kapal Titanic. Foto: Wikimedia Commons

Selain itu, salah satu mesin yang populer adalah unta listrik. Dinamakan demikian karena penggunaannya meniru gaya berjalan unta asli dan bagus untuk kesehatan hati.

Untuk menggunakan gym ini, penumpang masih dikenakan biaya tambahan. Mereka harus membayar satu shilling tiap sesi. Shilling adalah mata uang yang sempat berlaku baik di Inggris, Australia, Selandia Baru, dan banyak negara sebelum terakhir digunakan pada 1966.

Penumpang yang olahraga di sana diawasi oleh pengajar yang bernama Thomas McCauley. Salah seorang korban selamat dari kecelakaan Titanic mendeskripsikan McCauley sebagai pria kecil berpipi merah yang sigap.

A photograph of passengers using 'cycle racing machines' in the gymnasium, which enabled the passengers to enjoy a variety of exercise on board. Titanic was built by Harland & Wolff in Belfast Ireland during 1910 - 1911, and sank on 15th April, 1912, after striking an iceberg off the coast of Newfoundland during her maiden voyage from Southampton, England to New York, USA, with the loss of 1,522 passengers and crew. (Photo by Universal Images Group/Getty Images)Gym di kapal Titanic. Foto: Getty Images/UniversalImagesGroup

McCauley merupakan sosok yang akan memantau kegiatan gym dan membantu penumpang menggunakan alat gym. Dia juga memberlakukan jam berbeda untuk penggunaan gym bagi pria dan wanita.

Gym Titanic ini dibuka untuk wanita dari jam 9 pagi hingga siang hari. Sementara pria menggunakannya mulai jam 2 siang sampai 6 sore.

Dari 10 April hingga 14 April, pelanggan menikmati gym Titanic bersama dengan fasilitas lainnya, seperti lapangan squash, kolam renang dalam ruangan, dan pemandian Turki. Namun setelah kapal menabrak gunung es pada pukul 11.40 malam, beberapa penumpang yang ketakutan berkumpul di gym untuk terakhir kalinya.



Simak Video "Taliban Larang Wanita Pergi ke Taman hingga Gym"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA