Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 30 Agu 2022 22:40 WIB

TRAVEL NEWS

Taman Burung Jurong di Singapura Pamit Usai 50 Tahun Beroperasi

Putu Intan
detikTravel
Maru, a two-month-old King Penguin chick and the first successful hatching by the Jurong Bird Park in almost a decade, looks on from a Christmas theme enclosure in the Penguin Coast exhibit at the park in Singapore December 13, 2017.  REUTERS/Edgar Su
Jurong Bird Park. Foto: Dok. Reuters/Edgar Su
Singapura -

Taman Burung Jurong (Jurong Bird Park) akan ditutup tahun depan. Bagaimana nasib koleksi burungnya?

Jurong Bird Park adalah salah satu atraksi tertua dan paling ikonik di Singapura. Sayangnya, tempat wisata ini akan menutup pintunya setelah lebih dari 50 tahun beroperasi.

Taman burung itu terakhir beroperasi pada 3 Januari 2023. Di sana hidup sekitar 3.500 burung termasuk burung beo, flamingo, penguin, dan elang.

Kebun burung di SingapuraJurong Bird Park. Foto: Andhika Prasetia

Pengunjung tak perlu sedih, penutupan Jurong Bird Park dilakukan karena Singapura tengah membangun pusat ekowisata yang berada di wilayah utara negara itu. Nantinya, Jurong Bird Park akan bergabung dengan Singapore Zoo and Night Safari serta resor Banyan Tree.

"Ada banyak dari kita yang bergabung dengan organisasi pada hari-hari awal dan telah berada di sini selama beberapa dekade," kata wakil presiden taman Daisy Ling dalam sebuah pernyataan pada Selasa (30/8/2022).

Kebun burung di SingapuraJurong Bird Park. Foto: Andhika Prasetia

Jurong Bird Park dibangun dengan modal USD 2,5 juta. Taman seluas 20,2 hektar ini menarik sekitar 850.000 pengunjung setiap tahun.

Pengunjung yang datang dapat melihat burung dalam sangkar, pertunjukan burung, dan pameran. Menurut Pariwisata Singapura, ini adalah taman burung terbesar di Asia.

Sejak dibuka tahun 1971, Jurong Bird Park berkembang dengan pesat. Mulanya, mereka hanya memiliki 1.000 burung dari 60 spesies. Sekarang, ada 400 spesies yang tinggal di sana.

Kebun burung di SingapuraJurong Bird Park. Foto: Andhika Prasetia

Selain itu, petugas taman juga telah terlibat dalam beberapa upaya penyelamatan dan rehabilitasi burung selama bertahun-tahun.

Jurong Bird Park akan melanjutkan operasi reguler hingga penutupan yang direncanakan pada bulan Januari tahun depan. Sementara itu, staf akan mengatur serangkaian kegiatan, tur, dan jalur warisan yang berfokus pada sejarah Jurong Bird Park.



Simak Video "Singapura Rajai Investasi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA