Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Sep 2022 19:04 WIB

TRAVEL NEWS

KONI Klaim Hadiah Maraton Tuntas, tapi Segera Dibantah Si Juara

Juara Indonesia International Marathon 2022
Indonesia International Marathon 2022 (Foto: Istimewa)
Jakarta -

KONI Pusat mengklaim sudah melakukan pembayaran hadiah pada juara Indonesia International Marathon 2022. Pernyataan itu diungkapkan melalui Instagram resmi.

Pernyataan itu diunggah oleh akun konipusat pada hari kemarin, dikutip detikTravel Kamis (1/9/2022). KONI Pusat menyatakan pemberian hadiah sudah tuntas.

Berikut pernyataan lengkap KONI Pusat:

KONI Pusat Sudah Tuntaskan Semua Kewajiban

Penyelenggaraan Indonesia International Marathon (IIM) sudah selesai digelar berkat kolaborasi antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan PT.Tata Media Prima/TMP (The Media Palace) pada Hari Minggu tanggal 26 Juni 2022.

Semua kewajiban KONI Pusat pun sudah tuntas, termasuk diantaranya satu kewajiban yang semula menjadi domain TMP yakni, memberikan dukungan dana untuk hadiah pemenang.

Jumlah hadiah yang ditetapkan oleh KONI Pusat, khususnya untuk pemenang asing/ Foreign Runners (yang mana sudah disalurkan kepada para pemenang), berbeda dengan nilai yang diumumkan oleh TMP.

"Terkait masalah hadiah Foreign Runners marathon untuk pemenang atas nama Jack Ahearn yang masuk finis tercepat dengan waktu 3 jam, 30 menit, 48 detik sudah ditransfer sebesar Rp 47,5 juta rupiah ke rekening yang bersangkutan sesuai dengan ketentuan yang disepakati (setelah dipotong pajak) seperti halnya dengan pemenang maraton lainnya, sebut saja Agus Prayogo yang finis tercepat maraton putra dengan waktu tempuh 2 jam, 36 menit, 16 detik sudah menerima hadiah Rp 112,25 juta, juga pelari maraton putri Odekta Naibaho yang finis dengan waktu 2 jam, 53 menit sudah menerima hadiah sebesar Rp 112,25 juta dan pelari-pelari juara lainnya. Semua hadiah yang dikirimkan kepada para pemenang sudah dipotong pajak," terang Lukman Djajadikusuma.

Adapun hadiah kepada Jack Ahearn dan beberapa Foreign Runners telah dikirim pada tanggal 23 Agustus 2022. Untuk pelari dalam negeri, sudah dikirimkan pada awal Juli 2022.

"KONI akan segera menyelesaikan masalah ini dengan pihak terkait, khususnya pihak penyelenggara, dalam hal ini PT.Tata Media Prima," lanjutnya.

"Sportivitas selalu kami junjung dan terapkan dalam hal apa pun, tanggung jawab atas kejadian yang ada ini, akan turut kami tangani. KONI tidak akan pernah melempar masalah tanggung jawab terkait masalah ini," kata Sekjen KONI Pusat.

Juara Indonesia International Marathon 2022Juara Indonesia International Marathon 2022 Foto: Istimewa

Bantahan juara runner-up

Namun, runner-up, di kategori international men bernama Michael John Ackerman membantahnya. Ia seharusnya mendapat hadiah sebesar Rp 100 juta tapi belum menerima hadiah uang sama sekali.

"@mikeakerz received 0 rupiah so far," katanya.

"This statement from KONI is false. They have not yet paid me anything at all, nor have IIM organizers," imbuh Michael dalam sebuah potongan unggahan yang diberikan oleh kuasa hukumnya, yakni anak Hotman Paris Hutapea, Frank Hutapea.



Simak Video "Babak Baru Polemik Hadiah Juara Indonesia International Marathon"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA