Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 04 Sep 2022 05:42 WIB

TRAVEL NEWS

Yok Bisa Yok! Sandiaga: Gunungkidul Harusnya Kaya Raya dari Wisata

Tim detikcom
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno di Pantai Indrayanti, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (31/8/2022).
Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Gunungkidul -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis Gunungkidul bisa menjadi kawasan kaya raya. Salah satu jalannya lewat pariwisata.

Sandiaga mengunjungi Desa Wisata Kalurahan Tepus (Dewi Kampus), Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (AWDI). Sandiaga menyebut pariwisata bisa menjadi pendongkrak ekonomi untuk mengatasi permasalahan kemiskinan di Gunungkidul.

"Kita punya PR besar, karena Gunungkidul ini punya tantangan salah satunya angka kemiskinan tertinggi. Tapi dengan pariwisata multiplyer effect enam kali lipat," kata Sandiaga kepada wartawan di Pantai Indrayanti, Tepus, Gunungkidul, tengah pekan lalu.

Pengembangan pariwisata, kata Sandiaga, dengan mengembangkan objek wisata, khususnya desa wisata di Gunungkidul. Selain itu, dengan memperkuat UMKM untuk meningkatkan ekonomi kreatif.

"Jadi saya lihat 1,1 juta lapangan kerja (se-Indonesia) ini sangat potensi jika dibangun di daerah wisata dan juga memperkuat UMKM. Bupati Gunungkidul tadi juga cerita ingin mengembangkan pertanian, peternakan, dan UMKM," ujarnya.

"Dan kami pagi tadi sudah sepakat kalau UMKM yang ada di tempat wisata dan sentra ekraf dibantu, ditingkatkan dengan kurasi dan pelatihan hingga pemasarannya. Semua itu agar penghasilan masyarakat meningkat," dia menambahkan.

Sandiaga juga meminta Pemkab Gunungkidul untuk masif membuat event di objek wisata sebagai daya tarik wisatawan. Salah satunya, kata Sandiaga, seperti event bertajuk sport tourism.

"Misal sport tourism, paling tidak Gunungkidul 10K, Gunungkidul Half Marathon hingga Gunungkidul Cross Country karena medan di Gunungkidul sangat menantang dan menarik," kata dia.

Apalagi, kondisi alam di Gunungkidul masih sangat asri. Selain itu, Gunungkidul dikenal kombinasi antara gunung dan laut, serta ada juga Desa Wisata Nglanggeran yang tahun lalu menyabet salah satu desa wisata terbaik dunia.



Simak Video "Menparekraf Jawab Isu Larangan Konser hingga Akhir Desember 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA