Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 04 Sep 2022 17:37 WIB

TRAVEL NEWS

Mobil Dilarang Naik! Ini Tarif Sewa Motor-Jip di Gunung Telomoyo

Eko Susanto
detikTravel
Gunung Telomoyo, Magelang, Minggu (4/9/2022).
Gunung Telomoyo (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Magelang -

Gunung Telomoyo sedang naik daun belakangan. Jika tidak membawa kendaraan, Anda bisa menyewa motor sampai mobil jip. Ini tarifnya.

Gunung Telomoyo merupakan salah satu destinasi pilihan di Jawa Tengah yang relatif mudah dijangkau. Mulai dari motor hingga jeep, wisatawan bisa mendatangi Gunung Telomoyo dari beberapa jalur.

Gunung Telomoyo dengan ketinggian 1.894 MDPL berada di wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Untuk naik di gunung ini bisa melalui pintu masuk di Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Selain itu, wisatawan juga bisa naik melalui Dalangan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Wisatawan bisa mencapai puncak naik motor hingga jip. Sementara pengunjung yang datang membawa mobil bisa parkir di Dalangan.

"Yang kita jual itu memang view atau alam seperti sunset, sunrise. Kalau kerjasamanya itu harus dengan LMDH (lembaga masyarakat desa hutan). Dari LMDH memberi mandat ke kita untuk mengelola wisata ini," kata Pengelola Gunung Telomoyo Edi Sutrisno saat ditemui di pintu masuk melalui Dalangan, Ngablak, Jumat (2/9/2022).

Menurutnya, pengunjung yang datang dengan mobil harus parkir di Dalangan. Kemudian naik ke puncak bisa menyewa sepeda motor atau jip. Tarif sewa sepeda motor sebesar Rp 60 ribu.

"Untuk mobil keluarga diharuskan parkir di sini. Kemudian mereka punya 2 alternatif ketika ingin naik, yang pertama menyewa jip dan yang kedua menyewa motor," kata dia.

Untuk paket jip yang ditawarkan antara lain go jeep. Di mana paket ini rutenya dari bawah sampai puncak dengan durasi sewa 2,5 jam.

"Kita dari bawah sampai puncak, turun lagi itu Rp 400 ribu durasi waktunya 2,5 jam. Selama perjalanan yang utama berhenti di Awang-awang Telomoyo," ujarnya.

Berita selengkapnya dapat traveler baca di tautan detikJateng ini



Simak Video "Keseruan Para Lansia Keliling Gunung Telomoyo Naik Jeep"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA