Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Sep 2022 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

KemenPUPR Jelaskan Asal Usul Pipa Beton di Taman Doraemon, Sudah Tahu Belum?

Pipa beton di kartun Doraemon
Foto: Pipa beton di kartun Doraemon (Twitter)
Jakarta -

Pernah nonton kartun Doraemon? Di taman tempat Nobita dan Doraemon biasa main, kamu akan melihat ada pipa beton yang bikin penasaran. Dari mana asal pipa itu?

Traveler yang nonton kartun Doraemon sewaktu kecil, pasti tahu tentang taman dimana Nobita, Doraemon, Giant dan Suneo biasa bermain. Di taman itu, ada tumpukan pipa beton yang sangat ikonik.

Biasanya, di atas pipa beton itu Nobita dan Doraemon biasa duduk-duduk sambil ngobrol. Saat kita masih kecil, mungkin kita belum terlalu 'ngeh' soal asal usul pipa beton itu.

Namun setelah kita dewasa, pernahkah traveler bertanya-tanya, sebenarnya pipa beton di taman Nobita tersebut asalnya dari mana? dan fungsinya buat apa?

Nah, pertanyaan yang sama juga diajukan oleh salah seorang selebtwit dengan akun @senjatanuklir. Dia jadi teringat dan bertanya-tanya tentang pipa beton ikonik di kartun Doraemon itu.

"Pipa beton di Doraemon sebenernya tuh buat proyek apa," cuitan @senjatanuklir.




Kementerian PUPR Republik Indonesia pun turun tangan memberi penjelasan. Melalui akun Twitternya, @kemenPU menyebut pipa beton itu disebut dokan dan dipakai sebagai saluran pembuangan di era Kekaisaran Meiji.

"Pipa beton (dokan) dipakai untuk pembangunan saluran pembuangan dalam proyek infrastruktur di era Meiji. Krn keterbatasan lahan, makanya ditempatkan di lapangan tempat Nobita bermain," cuitan Kementerian PUPR.

"Pipa beton juga umum digunakan untuk pembangunan saluran pembuangan di Program KOTAKU lho," @KemenPUPR menambahkan.

Penjelasan Kementerian PUPR itu pun ditanggapi beragam oleh netizen. Respons mereka kocak dan bikin ngakak. Ada yang bertanya, berapa lama pipa beton itu ada di sana dan apakah proyeknya mangkrak?

"Itu berapa tahun pipanya di situ min, proyeknya mangkrak kah?" cuitan @salmon*****14.

"Kalau di indo udah hilang diangkut orang," timpal @andi****.

"Yang nanggepi langsung kementrian gokil!!" cuitan @Faris****.

"Wah admin nya Wibu doraemon juga nih btw makasih atas feedback nya," @irvina***** meimpali.

Sampai saat ini, tweet penjelasan Kementerian PUPR soal pipa beton di kartun Doraemon itu jadi viral dan sudah diretweet hingga 1.088 orang, serta disukai 4.815 orang.



Simak Video "Progres Dikebut! Jakarta-Bandung Cuma 1 Jam Kian Nyata"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA