Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 08 Sep 2022 17:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mulai Bulan Oktober, Masuk Museum Multatuli Harus Bayar!

Fathul Rizkoh
detikTravel
Museum Multatuli di Lebak, Banten
Foto: Museum Multatuli di Lebak (Femi Diah/detikcom)
Lebak -

Traveler yang mau liburan ke dalam Museum Multatuli di Rangkasbitung, Lebak, Banten kini harus bayar. Pemberlakukan tiket masuk direncanakan mulai bulan Oktober.

Kepala Museum Multatuli, Ubaidillah Muchtar mengatakan pemberlakuan tiket masuk itu telah diatur melalui Peraturan Bupati Lebak Nomor 36 tahun 2022 tentang Peninjauan Tarif Retribusi Jasa Usaha. Kini pengunjung harus bayar untuk melihat museum anti kolonial pertama di Indonesia itu.

"Iya sudah keluar aturannya. Rencananya Oktober," kata Ubaidillah kepada detikcom di temui di Rangkasbitung, Kamis (8/9/2022).

Kata Ubai ada tiga kategori tarif yang diberlakukan. Tiga kategori itu untuk anak, umum atau dewasa, dan turis.

"Harga tiketnya untuk anak Rp 1.000, umum atau dewasa Rp 2.000, dan turis Rp 15.000," jelasnya.

Sekarang, lanjut Ubai, Pemerintah Kabupaten Lebak masih mencetak tiket masuk tersebut. Nantinya, uang dari pengunjung akan masuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lebak.

"Retribusi, jadi masuk ke kas daerah," pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana menarik harga tiket masuk Museum Multatuli di Rangkasbitung, Lebak, Banten. Nantinya pengunjung yang hendak masuk museum tidak lagi gratis.

"Iya, ada informasi demikian. Namun secara resmi kami dari pihak museum pun belum dimintai pendapat. Kami baru membuat kajian singkatnya saja," kata Kepala Museum Multatuli Ubaidillah Muchtar kepada detikcom, Sabtu (6/8/2022).

Diketahui, Museum Multatuli resmi dibuka untuk umum pada tahun 2018 lalu. Sejak resmi dibuka, museum ini gratis. Pemberlakukan tiket masuk seiring dengan format Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). BLUD sendiri sudah diterapkan di puskesmas.



Simak Video "Melihat Benda Bersejarah Islam Lewat Seni di Museum of Islamic Art"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA