Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 09 Sep 2022 12:41 WIB

TRAVEL NEWS

Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey, Pertama dalam 262 Tahun

Putu Intan
detikTravel
Jakarta -

Pemakaman Ratu Elizabeth II melalui sejumlah prosesi. Salah satunya upacara di Westminster Abbey. Ini adalah pemakaman anggota kerajaan Inggris pertama sejak 1760.

Rangkaian prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung selama 10 hari. Dalam pekan pertama, jasad Elizabeth akan dibawa dari Skotlandia ke Inggris.

Jenazah Elizabeth lalu dibawa ke Westminster Abbey dalam satu prosesi seremonial. Jasad Elizabeth akan disemayamkan di Aula Westminster selama tiga hari. Selama di sana, publik diizinkan berkunjung selama 23 jam sehari.

Dalam 10 hari, upacara pemakaman harus sudah diselenggarakan di Westminster Abbey. Saat itu, Inggris akan mengheningkan cipta massal selama dua menit.

Wide angle view of Westminster Abbey at sunsetWestminster Abbey. Foto: iStock

Westminster Abbey sendiri merupakan gereja kerajaan yang juga dinobatkan sebagai situs warisan dunia. Dilansir dari situs resmi Westminster Abbey, gereja itu memiliki hubungan dekat dengan Elizabeth. Selama hidup, Elizabeth sering datang ke sana.

Elizabeth pernah menghadiri momen-momen penting di hidupnya, seperti pelantikan ayah Elizabeth, Raja George VI sebagai Raja Inggris. Lalu pernikahan cucunya yakni Pangeran William dan Catherine Middleton.

Elizabeth merupakan anggota Kerajaan Inggris pertama yang upacara pemakamannya dilakukan di Westminster Abbey dalam 262 tahun terakhir. Sebelumnya, ada 30 raja dan ratu Inggris yang pernah dimakamkan di sana.

Setelah dari Westminster Abbey, Elizabeth akan disemayamkan di Kapel Memorial Windsor yang berada di Kastil Windsor. Ia dimakamkan di tempat yang sama dengan makam ayahnya, Raja George VI, ibunya yaitu Ratu Elizabeth dan adik perempuannya, Putri Margaret.

Selain itu, pemakaman Elizabeth akan bersamaan dengan mendiang suaminya, Pangeran Philip. Pangeran Philip yang semula dimakamkan di Royal Vault Kapel St. George akan dipindahkan ke Kapel Memorial Windsor.

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA