Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 09 Sep 2022 14:18 WIB

TRAVEL NEWS

Istimewanya Ratu Elizabeth II: Tak Punya Paspor, tapi Bisa Keliling Dunia

LONDON, ENGLAND - MARCH 17:  Queen Elizabeth II accompanied by  Prince Philip, Duke of Edinburgh, officially opens the Land of the Lions exhibit at London Zoo on March 17, 2016 in London, England. The enclosure will be opened by the Queen and is modelled on the village Sasan Gir in Gujarat, India, where lions and villagers live side by side. It is five times the size of the previous enclosure and facilitates for a breeding group of endangered Asiatic lions, of which only several hundred remain in the wild. (Photo by Arthur Edwards - WPA Pool/Getty Images)
Foto: Ratu Elizabeth II (Getty Images)
London -

Ratu Elizabeth II bisa dibilang satu-satunya orang di Inggris yang tak punya paspor tapi bisa traveling, keliling dunia. Ternyata, itulah keistimewaan sang ratu.

Ratu Elizabeth II telah berpulang di usia 96 Tahun. Selama menjabat jadi Ratu Kerajaan Inggris, sudah banyak negara yang dikunjungi Elizabeth. Bisa dibilang sang ratu sudah keliling dunia.

Namun yang tidak traveler ketahui, selama melakukan kunjungan ke berbagai negara, ternyata Ratu Elizabeth II sama sekali tidak membawa paspor. Bahkan, sang ratu tidak memiliki paspor.

Tidak memiliki paspor adalah salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh Ratu Elizabeth II. Sang ratu mendapat pengecualian soal aturan paspor dan visa ketika pergi ke luar negeri.

Namun demikian, anggota Kerajaan Inggris yang lain masih memerlukan paspor ketika hendak pergi ke luar negeri. Dalam situs resmi Kerajaan Inggris, aturan tersebut tercantum dengan gamblang:

"Karena paspor Inggris dikeluarkan atas nama Yang Mulia Ratu, maka Ratu Inggris tidak perlu memiliki paspor. Meski demikian, semua anggota kerajaan, termasuk Duke of Edinburgh dan Pangeran Wales, mereka mempunyai paspor," demikian bunyi pernyataan Kerajaan Inggris.

Perjalanan resmi pertama Ratu Elizabeth II ke luar negeri sendiri berlangsung pada tahun 1947. Saat itu, dia masih berstatus sebagai putri raja dan belum naik takhta menjadi ratu Inggris.

Elizabeth yang masih remaja, menemani sang ayah Raja George VI dan ibunya Ratu Elizabeth berkunjung ke Afrika Selatan. Saat itu, Elizabeth berpergian ditemani oleh saudara perempuannya, Princess Margareth.

Saat pertama kali dinobatkan sebagai Ratu Inggris pada tahun 1953, sang ratu langsung mengumumkan akan menggelar 'tur' kunjungan keliling dunia selama 6 bulan ke beberapa negara.

Bersama suaminya, Pangeran Philip, Ratu Elizabeth II pergi mengunjungi beberapa negara seperti Australia, Papua Nugini, Selandia Baru, Kepulauan Fiji hingga Tonga. Selama tur keliling dunia itu pula, sang ratu tidak membawa paspornya, karena memang sang ratu tidak membutuhkan paspor untuk berpergian ke luar negeri.



Simak Video "Sederet Warisan dari Ratu Elizabeth II untuk Raja Charles III"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA