Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 09 Sep 2022 21:20 WIB

TRAVEL NEWS

KTT G20 Digelar di Labuan Bajo, Pasokan Listrik Dijamin Aman

Labuan Bajo Harbour. Where the Komodo Dragon trip begin. Labuan Bajo is a fishing town located at the western end of the large island of Flores in the Nusa Tenggara region of east Indonesia.
Foto: Ilustrasi Labuan Bajo (Getty Images/iStockphoto/yusnizam)
Labuan Bajo -

Labuan Bajo dipilih menjadi salah satu venue rangkaian acara KTT G20. Selama KTT G20 digelar di kota cantik ini, pasokan listrik dari PLN dijamin aman.

Labuan Bajo, sebuah kota pariwisata yang berlokasi di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diketahui menjadi salah satu venue KTT G20. Rencananya, Labuan Bajo akan menjadi tuan rumah pertemuan Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting dan beberapa kelompok kerja bulan September ini.

PLN yang didukung ABB akan memastikan pasokan listrik untuk acara KTT G20 aman. Labuan Bajo sendiri memiliki rasio elektrikasi sebesar 96,7 persen. Kota ini menjadi salah satu skema percontohan proyek listrik tanpa padam atau Zero Downtime (ZDT).

Pelanggan dengan daya puncak lebih dari 200 kVA yang mendaftar dalam program Zero Downtime (ZDT), akan mendapatkan suplai listrik dari dua sumber penyulang atau lebih yang berbeda dan beroperasi secara paralel. Apabila salah satu sumber penyulang listrik tersebut mengalami gangguan, listrik pada pelanggan akan tetap menyala karena masih mendapatkan suplai dari sumber listrik yang lain.

Dengan demikian, pelanggan tidak akan mengalami gangguan padam listrik yang dijamin selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, Agustinus Jatmiko mengatakan Layanan ZDT (Zero Down Time) ini akan menggunakan teknologi terkini.

"Untuk mengatasi tantangan dengan kompleksitas yang tinggi, PLN bekerjasama dengan berbagai penyedia peralatan yang memiliki pengalaman pada bidang tersebut, sehingga tingkat keandalan dapat dijaga serupa dengan beberapa proyek strategis yang lain," kata Agustinus dalam keterangannya, Jumat (9/9/2022).

Selama ini, kita tahu provinsi Nusa Tenggara Timur NTT masih memiliki beberapa desa yang belum mendapat pasokan listrik. Tentu hal itu menjadi tantangan tersendiri yang harus diatasi.

Tidak hanya untuk kesuksesan berbagai rangkaian acara KTT G20 di bulan September ini, namun juga untuk mendorong daya kompetitif para pelaku industri pariwisata di Labuan Bajo yang merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Agustinus menambahkan, berbagai peralatan pendukung sistem kelistrikan di lokasi DPSP Labuan Bajo saling terintegrasi dengan tujuan mencegah pelanggan premium ZDT mengalami padam.

Mulai dari peralatan pembangkit, distribusi, hingga proteksi sistem kelistrikan dimanfaatkan sebagai upaya mitigasi potensi penyebab padam.

"Salah contoh peralatan berteknologi tinggi yang saat ini sudah terpasang di sistem kelistrikan ZDT Labuan Bajo adalah Kubikel Tegangan Menengah (20 KV) terintegrasi dengan Proteksi Arus Lebih Line Differential dimana gangguan penyebab padam dapat terlokalisir," tutup Agustinus.



Simak Video "Jadwal KTT G20 Mundur Gegara Biden Gelar Rapat Darurat Soal Polandia"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA