Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 13 Sep 2022 17:41 WIB

TRAVEL NEWS

AirAsia Punya Layanan Taksi Online, Driver Digaji Rp 11,5 Juta

Putu Intan
detikTravel
Airasia super app
Foto: dok. AirAsia
Jakarta -

AirAsia kian melebarkan sayapnya di bisnis transportasi. Bila kita familiar dengan layanan pesawat, mereka juga punya layanan taksi online.

Layanan taksi online dari AirAsia ini sudah setahun beroperasi di Malaysia. Layanan tersebut tersedia di airasia Super App.

Malaysia menjadi negara pertama yang menjalankan layanan tersebut. Sebenarnya, selain layanan transportasi roda 4, airasia Super App juga memiliki layanan pengiriman makanan dan barang dengan roda 2.

Berbeda dengan layanan transportasi online lainnya, AirAsia memberikan perhatian penuh pada para pengemudi. Hal itu disampaikan CEO of Capital A Tony Fernandes di Malaysia, Selasa (13/9/2022).

Tony memaparkan, melalui airasia Super App, para pengemudi dapat bekerja sebagai pegawai tetap atau disebut Full-time Drivers. Ini merupakan peningkatan dan tambahan dari program Pengemudi Mandiri yang sudah ada sebelumnya.

"Ini adalah langkah yang tepat dilakukan. Para pegawai selalu kami dahulukan," kata Tony.

"Dalam bisnis e-hailing, pengemudi pada dasarnya adalah bagian terpenting dari operasi. Sejak kami memulai airasia ride, prioritas kami selalu untuk menjaga pengemudi dan kami. Pesaing kami menghukum pengemudi bila tidak mengambil pekerjaan yang tidak ingin mereka lakukan, tapi kami melihat sudut pandang lain dan memberikan penghargaan kepada pengemudi yang memiliki rekam jejak dan komitmen kuat dalam pekerjaan," imbuhnya.

Mulai 1 Oktober 2022, pengemudi yang memenuhi syarat dapat memilih untuk menjadi Full-time Drivers. Keuntungannya adalah mendapatkan gaji bulanan hingga RM 3.500 atau sekitar Rp 11,5 juta.

Selain itu, pengemudi juga akan mendapatkan manfaat bahan bakar dan kesempatan memperoleh pendapatan hingga RM 8.000 atau sekitar Rp 26 juta dengan skema insentif tambahan. Pengemudi juga akan mendapatkan manfaat berupa asuransi medis, cuti tahunan, dan diskon penerbangan bersama maskapai AirAsia.

Di samping itu, pengemudi akan diberikan tugas prioritas untuk mengantar dan menjemput penumpang AirAsia ke dan dari bandara. Ini karena permintaan penerbangan maskapai itu yang terus meningkat setelah COVID-19 mereda.

Saat ini, sudah ada 53.000 pengemudi yang terdaftar di airasia Super App. Selain di Malaysia, layanan ini juga hadir di 11 kota seperti Singapura dan Bali.



Simak Video "Kala Tony Fernandes Jadi Pramugara, Layani Penumpang dan Pungut Sampah"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA